PENERAPAN STRATEGI “ALIS PAMAN PANJANG” UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN KELAS V SD NEGERI SUGIHAN 03 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v1i2.480Abstract
Praktik baik ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SD Negeri Sugihan 03 Kecamatan Bendosari. Penggunaan strategi “Alis Paman Panjang” merupakan akronim dari “Analisis Pantun Mandiri melalui Pendampingan Berjenjang”. Proses pelaksanaan strategi “Alis Paman Panjang” adalah 1) siswa menganalisis karya pantun secara mandiri, 2) menyebutkan ciri-ciri pantun berdasarkan analisis dan pengamatan, 3) menyusun potongan kertas berisi kalimat acak dari sebuah pantun, 4) melengkapi pantun yang rumpang, 5) membuat pantun berdasarkan tema tertentu. Hasil praktik baik penerapan strategi “Alis Paman Panjang” adalah meningkatnya keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SD Negeri Sugihan 03, Kecamatan Bendosari.
Downloads
References
Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama
Ariyana, Yoki, dkk. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemdikbud RI
Azmussya’ni dan Muhammad N.W. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses dengan Media Gambar di SDN 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasi, Vol. 2. Hlm 2
Fauzi, M. Miftah. (2014). Kamus Lebngkap Pantun Indonesia. Jakarta; Publishing Langit
Noffitri, Kiki. (2013). Makalah Pantun. https://kikinoffitri.blogspot.com/2013/09/makalah-pantun.html diunduh di Sukoharjo 1 Desember 2019.
Pangesti, Mutia Dwi. (2015). Buku Pintar Pantun dan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Nusantara Indonesia
Pramita, P.A. (2017). Tingkatkan Keterampilan Menulis Sekolah Dasar Melalui Asessmen Portofolio. https://www.researchgate.net/publication/315092920_TINGKATKAN_KETERAMPILAN_MENULIS_SISWA_SEKOLAH_DASAR_MELALUI_ASESSMEN_PORTOFOLIO diunduh di Sukoharjo, 5 Desember 2019
Sugiarto, Eko. (2009). Mengenal Pantun dan Puisi Lama: Pantun, Karmina, Syair, Gurindam, Seloka, dan Talibun. Jakarta: Pustaka Widyatama.
Surono, A.A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Media Berita dengan Metode Latihan Terbimbing pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 1 Jiwan Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014. https://jurnalbioma.blogspot.com/2016/09/peningkatan-keterampilan-menulis-cerpen.html diunduh di Sukoharjo, 5 Desember 2019
Susanto, Hadi. (2015). Pembelajaran Menulis Pantun. https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2015/12/29/pembelajaran-menulis-pantun/ diunduh di Sukoharjo, 5 Desember 2019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.