PENERAPAN STRATEGI “ALIS PAMAN PANJANG” UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN KELAS V SD NEGERI SUGIHAN 03 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

Authors

  • Efa Widyastuti

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v1i2.480

Abstract

Praktik baik ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SD Negeri Sugihan 03 Kecamatan Bendosari. Penggunaan strategi “Alis Paman Panjang” merupakan akronim dari “Analisis Pantun Mandiri melalui Pendampingan Berjenjang”. Proses pelaksanaan strategi “Alis Paman Panjang” adalah 1) siswa menganalisis karya pantun secara mandiri, 2) menyebutkan ciri-ciri pantun berdasarkan analisis dan pengamatan, 3) menyusun potongan kertas berisi kalimat acak dari sebuah pantun, 4) melengkapi pantun yang rumpang, 5) membuat pantun berdasarkan tema tertentu. Hasil praktik baik penerapan strategi “Alis Paman Panjang” adalah meningkatnya keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SD Negeri Sugihan 03, Kecamatan Bendosari.

References

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Ariyana, Yoki, dkk. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemdikbud RI

Azmussya’ni dan Muhammad N.W. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses dengan Media Gambar di SDN 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasi, Vol. 2. Hlm 2

Fauzi, M. Miftah. (2014). Kamus Lebngkap Pantun Indonesia. Jakarta; Publishing Langit

Noffitri, Kiki. (2013). Makalah Pantun. https://kikinoffitri.blogspot.com/2013/09/makalah-pantun.html diunduh di Sukoharjo 1 Desember 2019.

Pangesti, Mutia Dwi. (2015). Buku Pintar Pantun dan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Nusantara Indonesia

Pramita, P.A. (2017). Tingkatkan Keterampilan Menulis Sekolah Dasar Melalui Asessmen Portofolio. https://www.researchgate.net/publication/315092920_TINGKATKAN_KETERAMPILAN_MENULIS_SISWA_SEKOLAH_DASAR_MELALUI_ASESSMEN_PORTOFOLIO diunduh di Sukoharjo, 5 Desember 2019

Sugiarto, Eko. (2009). Mengenal Pantun dan Puisi Lama: Pantun, Karmina, Syair, Gurindam, Seloka, dan Talibun. Jakarta: Pustaka Widyatama.

Surono, A.A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Media Berita dengan Metode Latihan Terbimbing pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 1 Jiwan Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014. https://jurnalbioma.blogspot.com/2016/09/peningkatan-keterampilan-menulis-cerpen.html diunduh di Sukoharjo, 5 Desember 2019

Susanto, Hadi. (2015). Pembelajaran Menulis Pantun. https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2015/12/29/pembelajaran-menulis-pantun/ diunduh di Sukoharjo, 5 Desember 2019

Published

2019-12-17

Issue

Section

Artikel