Inovasi Pendekatan Experiential Learning Pada Pembelajaran Menulis Puisi Kelas XI SMA SAQO
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v7i1.6605Abstract
Pembelajaran menulis puisi di tingkat SMA sering dianggap sebagai kegiatan yang kurang menarik dan menantang bagi siswa, sehingga berpotensi menghambat pengembangan kemampuan ekspresi kreatif dan apresiasi sastra mereka. Penelitian ini berfokus pada eksplorasi mendalam implementasi dan pengalaman siswa terhadap pendekatan Experiential Learning dalam pembelajaran menulis puisi di kelas XI SMA SAQO. Dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan strategi pembelajaran yang lebih memberdayakan kreativitas siswa dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami siklus Experiential Learning diimplementasikan dalam konteks kelas dan siswa merespons serta memaknai pengalaman belajar tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitaitf metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif terhadap proses pembelajaran, wawancara dengan siswa dan guru, serta analisis dokumen berupa hasil karya puisi siswa dan catatan lapangan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pendekatan Experiential Learning menciptakan lingkungan belajar yang lebih aktif dan bermakna bagi siswa, meningkatkan keterlibatan emosional dan kognitif mereka dalam menulis puisi. Pengalaman langsung mengamati alam menjadi sumber inspirasi yang kaya, sementara refleksi terbimbing memfasilitasi internalisasi pengalaman dan pengembangan ide puitis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Experiential Learning memiliki potensi signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi siswa terhadap puisi, serta mengembangkan kemampuan mereka dalam mengekspresikan diri secara kreatif melalui tulisan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vita Vitriati Rizki, Endah Tri Wisudaningsih , Magfirotul Hamdiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.