Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Sastra Cerpen “Guru Jabut” Karya Hasan Al Banna

Authors

  • Mesdi Wika Suryani Manullang Universitas Prima Indonesia
  • Dian Syahfitri Universitas Prima Indonesia
  • Yuliana Jetia Moon Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v7i1.6801

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pilar utama yang berperan esensial dalam mewujudkan generasi unggul yang mengedepankan intelektualitas dan nilai moral. Sastra, khususnya cerpen, berperan strategis dalam menyampaikan nilai pendidikan karakter kepada generasi muda. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan komponen pendidikan karakter yang tercermin dalam sastra cerpen “Guru Jabut” di balik konteks sosial teks cerita secara tekstual. Penelitian ini mengaplikasikan metode kualitatif dengan penyajian data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam  penelitian melingkupi dokumentasi, kajian pustaka, serta wawancara. Selanjutnya, perolehan data dianalisis menggunakan kajian isi dengan analisis interaktif pola Miles juga Huberman yang melingkupi tahapan mereduksi data, penyajian data, dan menarik simpulan atau memverifikasi. Hasil analisis membuktikan dalam topik penelitian Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Sastra Cerpen “Guru Jabut” Karya Hasan Al Banna, memperoleh 13 nilai pendidikan karakter sebab kemunculannya konsisten dengan didukung teori Wibowo, Lickona berasas pada Kemendiknas (2010), serta 29 data termanifestasi nilai pendidikan karakter yang didominasi cinta damai dan kepedulian sosial lewat pengaruh karakter Guru Jabut. Simpulan riset ini menegaskan cerpen “Guru Jabut” berperan strategis dalam menyampaikan nilai pendidikan karakter sebab cerpen mengandung banyak nilai pendidikan karakter yang mampu diserap oleh pembaca.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-25

Issue

Section

Artikel