Literasi Psikopedagogik: Membaca Karakter Tokoh dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia Sebagai Materi Pembelajaran Sastra pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v2i1.713Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tokoh dalam novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia sebagai materi pembelajaran sastra pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber dan data penelitian ini ialah novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan teknik membaca intensif dan sistem pengodean. Selanjutnya, data-data diolah dengan tahap koleksi dan organisasi. Sementara proses analisis data menggunakan teknik interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Cinta di Ujung Sajadah mencakup nilai religius, jujur, bertanggungjawab, toleransi, rasa ingin tahu, peduli sosial, dan komunikatif; (2) novel Cinta di Ujung Sajadah dapat digunakan sebagai materi pembelajaran sastra pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).
Downloads
References
Darmodiharjo, Darji. (2010). Pokok-pokok Filsafat Hukum. Jakarta: Gramedia Umum.
Desi, Amalia Saputri, (2012). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Kherisna Pabichara. Skripsi. Purwokerto: Universitas Purwokerto.
Dipdiknas. (2007). Buku Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PusatBahasa.
Koesoema, Doni. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Grasindo.
Lubis, Mawardi. (2008). Evaluasi Nilai Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Nadia, Asma. (2012). Cinta di Ujung Sajadah. Jakarta: Republika Penerbit.
Rahmanto, E. (2000). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Sulaiman, Ahmad. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Krakter dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia serta Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam di SMA. Skripsi. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. Artikel. [Online]. Diperoleh dari http://www.mandikdasmen.depdiknas.go.id/web/pages/urgensi.html. Diakses pada 18 Juni 2018.
Syafaruddin. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing.
Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Widiyastuti, Endang. 2016. Analisis Psikologi Tokoh Utama Novel Meniti Langkah Karya Sutri Yaningsih Manik dan Pembelajarannya di Kelas XI SMA. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.