Literasi Psikopedagogik: Membaca Karakter Tokoh dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia Sebagai Materi Pembelajaran Sastra pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Muhsyanur Muhsyanur

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v2i1.713

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tokoh dalam novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia sebagai materi pembelajaran sastra pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber dan data  penelitian ini ialah novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan teknik membaca intensif dan sistem pengodean. Selanjutnya, data-data diolah dengan tahap koleksi dan organisasi. Sementara proses analisis data menggunakan teknik interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Cinta di Ujung Sajadah mencakup nilai  religius, jujur, bertanggungjawab, toleransi, rasa ingin tahu, peduli sosial, dan komunikatif; (2) novel Cinta di Ujung Sajadah dapat digunakan sebagai materi pembelajaran sastra pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).

References

Darmodiharjo, Darji. (2010). Pokok-pokok Filsafat Hukum. Jakarta: Gramedia Umum.

Desi, Amalia Saputri, (2012). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Kherisna Pabichara. Skripsi. Purwokerto: Universitas Purwokerto.

Dipdiknas. (2007). Buku Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PusatBahasa.

Koesoema, Doni. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Grasindo.

Lubis, Mawardi. (2008). Evaluasi Nilai Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Nadia, Asma. (2012). Cinta di Ujung Sajadah. Jakarta: Republika Penerbit.

Rahmanto, E. (2000). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Sulaiman, Ahmad. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Krakter dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia serta Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam di SMA. Skripsi. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. Artikel. [Online]. Diperoleh dari http://www.mandikdasmen.depdiknas.go.id/web/pages/urgensi.html. Diakses pada 18 Juni 2018.

Syafaruddin. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing.

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Widiyastuti, Endang. 2016. Analisis Psikologi Tokoh Utama Novel Meniti Langkah Karya Sutri Yaningsih Manik dan Pembelajarannya di Kelas XI SMA. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Published

2020-07-16

Issue

Section

Artikel