Komunikasi Pendidikan antara Guru dan Murid dalam Memberikan Keterampilan Literasi (Study pada Siswa-siswi SD N 20 Sungailiat Bangka)
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v2i1.716Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi siswa-siswi SDN 20 Matras Sungailiat dan bagaimana peran guru dalam memberikan motivasi berliterasi berbasis Bahasa Indonesia serta mencari solusi model pengembangan apakah yang efektif agar siswa-siswi SDN 20 memiliki kemampuan dalam berliterasi seperti membaca dan menulis dan memaparkan ide,gagasan serta kemampuan berkomunikasinya dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada siswa-siswi kelas V SDN sebanyak 36 orang, dan metodelogi yang yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Istrumen penelitian ini dengan menggunakan observasi, hasil pengamatan,wawancara dan dokumen catatan lapangan .Tehnik analisnya dengan Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa-siswi SDN 20 minim serta minat membaca mereka rendah, padahal sarana perpustakaan sangat mendukung kegiatan literasi, terbukti banyaknya buku-buku bacaan yang tersedia di perpustakaan sekolah. Ada banyak ketersediaan dan ragam buku bacaan yang ada di perpustakaan.Peran guru sangat penting untuk terlibat dalam memberikan motivasi kepada siswa-siswi SDN 20 agar gemar membaca. Penelitian ini dapat menjadi alternatif bagi peneliti lainnya untuk meneliti dengan metode demonstrasi, bercerita atau model tindakan kelas media kartu.
Kunci : Komunikasi Pendidikan, Literasi, Metode Cerita
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.