Kajian Struktural dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Hayya Karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas

Authors

  • Husnul Septiana Iain Surakarta
  • Siti Isnaniah Iain Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v2i1.719

Abstract

ABSTRAK
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kajian struktural dalam novel
Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas? (2) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan
dalam novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas? Tujuan penelitian ini adalah
(1) Mendeskripsikan Bagaimanakah kajian struktural dalam novel Hayya karya Helvy Tiana
Rosa dan Benny Arnas (2) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel Hayya karya
Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari teknik pengumpulan data
menggunakan studi kepustakaan. Pada metode analilis data digunakan deskripsi kualitatif.
Sumber data yang digunakan adalah dokumen, naskah novel Hayya. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik analilis isi dokumen (baca-cacat-analisis). Teknik analilis
data yang digunakan adalah analilis strukturalisme berupa unsur intrinsik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa (1) Struktural yang terkandung dalam
novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas, yaitu: Tema, tokoh Latar. Alur, Sudut
pandang (2) Nilai-nilai pendidikan dalam novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny
Arnas meliputi: Nilai pendidikan religius: membaca quran, mengucapkan kalimat toyyibah
(kalimat yang baik), dzikir, berjuang di jalan Allah (jihad), dan menghindari zina perasaan.
Nilai pendidikan sosial: memuliakan tamu serta adab bertamu. Nilai pendidikan budaya:
adat pernikahan daerah Ciamis tentu berbeda dengan di Jakarta yang cenderung
menggunakan Wedding Organizer. Nilai pendidikan karakter: menghormati orang yang lebih
tua.
Kata Kunci: Novel, Struktural, Nilai-nilai Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Winarni dan Andayani. 2013. “Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Dalam Novel

“Tuan Guru” Karya Salman Faris”. Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas

Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1 (1). p.54-68

Arifin, Muzayyin. 2012. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Awalia, Rasyid dan Zuriyati. 2019. “Nilai-Nilai Religius Dalam Kumpulan Puisi Tadarus Karya

KH. Ahmad Mustofa Bisri”. Universitas Negeri Jakarta. Jurnal ILE&L. Vol. 5 (1).p.87

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Jakarta: CAPS (Center fir Academic

Publishing Service).

Esten, Mursal. 2013. Kesusasteraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Penerbit Angkasa.

Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hikmasari, Miftahurohmah dan Sahayu Wening. 2019. “Unsur Budaya Material Dalam Novel

Entrok Karya Okky Madasari”. Jurnal Atavisme . Vol. 22 (2).p.204

Istiqomah, Fathia. 2014. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel 9 Matahari Karya

Adenita”. Jurnal Raushan Fikr STAIN Purwokerto. Vol.4 (2). p.99

Isnaniah, Siti. 2014. Representasi Ajaran Islam Dalam Novel-Novel Karya Habiburrahman ElShirazy. Surakarta: Program Pascasarjana UNS Surakarta.

Junaini, Agustina dan Canrhas. 2017. “Analilis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat

Seluma”. Jurnal Korpus. Vol. 1 (1).p.39

Kurniawan. 2001. Semilogi Roland Barthes. Magelang: Penerbit Yayasan Indonesiatera

Lickona, Thomas. 2012. Educating For Character Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta:

Bumi Aksara.

Luxembung, Bal, dan Weststteijn. 1986. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT Gramedia.

Maxwell, Joseph A. 1996. Qualitative Reserch Design An Interactive Apporch. California, London,

New Delhi: Sage Publication.

Miles, Mattew B dan A. Michael Huberman. 1992. Analilis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Musfiroh, Tadzkirotun. 2008. Character Building Bagaimana Mendidik Anak Berkarter?

Penyunting Arismantoro. Yogyakarta: lembaga Penelitian UNY dan Tiara Wacana.

Muthoifin dan Jinan. 2015. “Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Pemikiran

Karakter Dan Budi Pekerti Dalam Tinjauan Islam”. Jurnal Profetika. Vol.16 (2).p.172

Octaviana, Dwi Warry. 2018. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Uhibbuka Fillah (Aku

Mencintaimu Karena Allah) Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum: Kajian Sosiologi

Sastra”. Jurnal KATA. Vol. 2 (2).p.183

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rosa, Helvy Tiana dan Arnas, Benny. 2019. Hayya. Bandung: AmanPalestin

Rosyadi. 1995. Nilai-nilai Budaya dalam Naskah Kaba. Jakarta: CV Dewi Sri.

Sujarwanto, Al-Ma’ruf, dan Sunanda. 2018. Nilai Budaya Pada Novel Anak Rantau Karya Ahmad

Fuadi: Kajian Antropologi Sastra dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra di

SMA. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suwarno, Asri Kartika Dewi. 2012. Analisis Struktural Pada Novel Sirah! Karya A.Y. Suharyono

Dan Pembelajarannya DI SMA. Universitas Muhamadiyah Purworejo.

Syarifuddin. 2018. “Kajian Struktural Dan Sosiologi Sastra Dalam Novel Seputih Hati yang

Tercabik”. Jurnal KATA. Vol. 2 (2 ). p. 205

Tilaar, H. A. 2012. Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk

Indonesia. Jakarta: Rienaka Cipta

Waluyo, Herman J. 1994. Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Published

2020-07-16

Issue

Section

Artikel