Kajian Struktural dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Hayya Karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v2i1.719Abstract
ABSTRAK
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kajian struktural dalam novel
Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas? (2) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan
dalam novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas? Tujuan penelitian ini adalah
(1) Mendeskripsikan Bagaimanakah kajian struktural dalam novel Hayya karya Helvy Tiana
Rosa dan Benny Arnas (2) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel Hayya karya
Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari teknik pengumpulan data
menggunakan studi kepustakaan. Pada metode analilis data digunakan deskripsi kualitatif.
Sumber data yang digunakan adalah dokumen, naskah novel Hayya. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik analilis isi dokumen (baca-cacat-analisis). Teknik analilis
data yang digunakan adalah analilis strukturalisme berupa unsur intrinsik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa (1) Struktural yang terkandung dalam
novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas, yaitu: Tema, tokoh Latar. Alur, Sudut
pandang (2) Nilai-nilai pendidikan dalam novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny
Arnas meliputi: Nilai pendidikan religius: membaca quran, mengucapkan kalimat toyyibah
(kalimat yang baik), dzikir, berjuang di jalan Allah (jihad), dan menghindari zina perasaan.
Nilai pendidikan sosial: memuliakan tamu serta adab bertamu. Nilai pendidikan budaya:
adat pernikahan daerah Ciamis tentu berbeda dengan di Jakarta yang cenderung
menggunakan Wedding Organizer. Nilai pendidikan karakter: menghormati orang yang lebih
tua.
Kata Kunci: Novel, Struktural, Nilai-nilai Pendidikan
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Akbar, Winarni dan Andayani. 2013. “Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Dalam Novel
“Tuan Guru” Karya Salman Faris”. Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas
Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1 (1). p.54-68
Arifin, Muzayyin. 2012. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Awalia, Rasyid dan Zuriyati. 2019. “Nilai-Nilai Religius Dalam Kumpulan Puisi Tadarus Karya
KH. Ahmad Mustofa Bisri”. Universitas Negeri Jakarta. Jurnal ILE&L. Vol. 5 (1).p.87
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Jakarta: CAPS (Center fir Academic
Publishing Service).
Esten, Mursal. 2013. Kesusasteraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Penerbit Angkasa.
Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hikmasari, Miftahurohmah dan Sahayu Wening. 2019. “Unsur Budaya Material Dalam Novel
Entrok Karya Okky Madasari”. Jurnal Atavisme . Vol. 22 (2).p.204
Istiqomah, Fathia. 2014. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel 9 Matahari Karya
Adenita”. Jurnal Raushan Fikr STAIN Purwokerto. Vol.4 (2). p.99
Isnaniah, Siti. 2014. Representasi Ajaran Islam Dalam Novel-Novel Karya Habiburrahman ElShirazy. Surakarta: Program Pascasarjana UNS Surakarta.
Junaini, Agustina dan Canrhas. 2017. “Analilis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat
Seluma”. Jurnal Korpus. Vol. 1 (1).p.39
Kurniawan. 2001. Semilogi Roland Barthes. Magelang: Penerbit Yayasan Indonesiatera
Lickona, Thomas. 2012. Educating For Character Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta:
Bumi Aksara.
Luxembung, Bal, dan Weststteijn. 1986. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT Gramedia.
Maxwell, Joseph A. 1996. Qualitative Reserch Design An Interactive Apporch. California, London,
New Delhi: Sage Publication.
Miles, Mattew B dan A. Michael Huberman. 1992. Analilis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Musfiroh, Tadzkirotun. 2008. Character Building Bagaimana Mendidik Anak Berkarter?
Penyunting Arismantoro. Yogyakarta: lembaga Penelitian UNY dan Tiara Wacana.
Muthoifin dan Jinan. 2015. “Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Pemikiran
Karakter Dan Budi Pekerti Dalam Tinjauan Islam”. Jurnal Profetika. Vol.16 (2).p.172
Octaviana, Dwi Warry. 2018. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Uhibbuka Fillah (Aku
Mencintaimu Karena Allah) Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum: Kajian Sosiologi
Sastra”. Jurnal KATA. Vol. 2 (2).p.183
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rosa, Helvy Tiana dan Arnas, Benny. 2019. Hayya. Bandung: AmanPalestin
Rosyadi. 1995. Nilai-nilai Budaya dalam Naskah Kaba. Jakarta: CV Dewi Sri.
Sujarwanto, Al-Ma’ruf, dan Sunanda. 2018. Nilai Budaya Pada Novel Anak Rantau Karya Ahmad
Fuadi: Kajian Antropologi Sastra dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra di
SMA. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suwarno, Asri Kartika Dewi. 2012. Analisis Struktural Pada Novel Sirah! Karya A.Y. Suharyono
Dan Pembelajarannya DI SMA. Universitas Muhamadiyah Purworejo.
Syarifuddin. 2018. “Kajian Struktural Dan Sosiologi Sastra Dalam Novel Seputih Hati yang
Tercabik”. Jurnal KATA. Vol. 2 (2 ). p. 205
Tilaar, H. A. 2012. Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk
Indonesia. Jakarta: Rienaka Cipta
Waluyo, Herman J. 1994. Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.