Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Trigonometri

Authors

  • Safira Dhanesti Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Andhika Ayu Wulandari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Yuni Pardiastuti SMA Negeri 1 Nguter

DOI:

https://doi.org/10.32585/absis.v6i1.5199

Abstract

Students have different backgrounds and characteristics. One way teachers meet the learning needs of students who have different characteristics is the application of differentiated learning. This study aims to identify the application of differentiated learning in improving students' mathematical comprehension abilities. This research implements differentiated learning on Trigonometry material to improve students' mathematical comprehension skills. This research is a Classroom Action Research (PTK) with four stages, namely planning, action, observation, and reflection. The subjects in this study were 35 class XI students with different abilities. The results of this study stated that there was an increase in the application of differentiated learning in the classroom after going through 2 cycles

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Diona, S Susanto, and Arif Fatahillah. 2016. “Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A Di SMPN 14 Jember.” Jurnal Edukasi 2 (1): 1. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402.

Dewi, Senja Noviani, Tommy Tanu Wijaya, Ayu Budianti, and Euis Eti Rohaeti. 2018. “Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Kelas XI SMK Di Kota Cimahi Pada Materi Fungsi Eksponen.” WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan 2 (1): 99. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2570.

Diana, Putri, Indiana Marethi, and Aan Subhan Pamungkas. 2020. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 4 (1): 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033.

Fauziah, Alifa Azmil, and Citra Megiana Pertiwi. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas X SMA Negeri 6 Cimahi.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 5 (3): 759–70. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.759-770.

Ferdianto, Ferry, and Leonardus Yesino. 2019. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Matematis.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 3 (1): 32–36. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i1.1335.

Husna, Indah, FX Didik Purwosetiyono, and Dhian Endahwuri. 2020. “Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kemampuan Matematika.” Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 2 (6): 501–9. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6787.

Nuraeni, Nuraeni -, Evon Siti Mulyati, and Rippi Maya. 2018. “ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA MTs.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1 (5): 975. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p975-983.

Pitaloka, H, and M Arsanti. 2022. “Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, no. November: 2020–23. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283.

Putriana Naibaho, Dwi. 2023. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik.” Journal of Creative Student Research (JCSR) 1 (2): 81–91.

Rismayanti, Eris, Bana G Kartasasmita, and In In Supianti. 2020. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 4 (1): 154. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2930.

Santoso, Erik. 2018. “Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa.” Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 2 (2): 80–87. https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/723.

Setiana, Nadia Putri, Nelly Fitriani, and Risma Amelia. 2021. “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI TRIGONOMETRI BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA” 4 (4): 899–910. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.899-910.

Sunarto, Muhammad Trisapto, Sonia Putri Yesmaya Oria Laa, Zanjabila Ar-rahiiqil Mahtuum, Gabriel Torang Siagian, and M. Afrilianto. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Kontekstual.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10 (1): 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.730.

Suryani, Mulia, Lucky Heriyanti Jufri, and Tika Artia Putri. 2020. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9 (1): 119–30. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605.

Susana, Kosiyah, Muhtarom, and Sri Subandijah. 2023. “286. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, no. 2022: 2548–54.

Susilowati, Dwi. 2018. “Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Edunomika 2 (01): 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175.

Sutrisno, Hendrik, Muhtarom, and Sri Subandijah. 2023. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK.” Seminar Nasional PPG UPGRIS, 2517–27.

Tomlinson, Carol Ann, and M. Leyne Kalbfleisch. 1998. “Teach_Me_Teach_Brain.Pdf.” Educational Leadership.

Zamzaili, Baki Swita, and Saleh Haji. 2023. “Analisis Perbedaan Tahapan Berfikir Geometri Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Geometri Dan Evaluasi Formatif Pada Siswa Smp.” Absis: Mathematics Education Journal 5 (1): 27–34.

Published

2024-05-31

How to Cite

Safira Dhanesti, Ayu Wulandari, A., & Pardiastuti, Y. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. Absis: Mathematics Education Journal, 6(1), 33–42. https://doi.org/10.32585/absis.v6i1.5199

Issue

Section

Artikel