PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 KARANGANOM

Penulis

  • Eka Kurniasari

DOI:

https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.306

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2017/2018. Dari Populasi 272 siswa, diambil sampel sebanyak 34 siswa yang menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Uj prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, linieritas dan keberartian regresi. Setelah data penelitian diolah disimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua siswa dengan hasil belajar matematika siswa dimana diperoleh harga  dan    ; 2)Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa dimana diperoleh harga  dan  ; 3)Terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua siswa dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa dimana harga R=0,540 dan                                         .

Unduhan

Diterbitkan

2019-08-13

Cara Mengutip

Kurniasari, E. (2019). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 KARANGANOM. Absis: Mathematics Education Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.306

Terbitan

Bagian

Artikel