HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARANGANOM

Penulis

  • Rahayu Fitriyani

DOI:

https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.309

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara (1) minat belajar dengan prestasi belajar matematika, (2) intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika dan (3) minat belajar dan intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karanganom sejumlah 224 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Adapun uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linieritas dan keberartian regresi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar       = 0,640, dengan persamaan garis regresi sederhana                    (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar       = 0,544, dengan persamaan garis regresi sederhana                   (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar          = 0,669, dengan persamaan garis regresi ganda                           .

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2019-08-13

Cara Mengutip

Fitriyani, R. (2019). HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARANGANOM. Absis: Mathematics Education Journal, 1(1), 19–23. https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.309

Terbitan

Bagian

Artikel