UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DENGAN MODEL PEMBELAJAAN JIGSAW MELALUI IN HOUSE TRAINING

Authors

  • Rusiati Rusiati Sekolah Dasar Negeri 4 Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i1.1228

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah 1) Pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran melalui in house training di SDN 4 Wonoboyo tahun pelajaran 2019/2020. 2) Pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru  3) Pembelajaran Model Jigsaw dapat meningkatkan perubahan perilaku guru.Penelitian ini didesain dalam dua siklus. Prosedur siklus mencakup tahap-tahap : 1) perencanaan tindakan perbaikan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) analisis dan refleksi, 4) tindak lanjut. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Data hasil tes hasil belajar dianalisis antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai indikator kinerja, yakni  1) mencapai ketuntasan klasikal proses pembelajaran 83%, 2) memperoleh ketuntasan kemampuan belajar mencapai 83% 3)Mencapai perubahan  perilaku 83% dari jumlah peserta keseluruhan.Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Persentase proses pembelajaran pada prasiklus diperoleh rata-rata persentase sebesar 16,67% dengan kategori kurang baik. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase  sebesar  61,11% berada pada kategori  cukup baik. Pada siklus  II diperoleh rata-rata persentase sebesar 88,89% berada pada kategori  baik 2) Peningkatan ini ditunjukkan dengan  persentase ketuntasan pada prasiklus 50%, pada Siklus I yang tuntas menjadi 83,33% dan pada siklus II menjadi 100%.

Kata kunci : In House Training,Model Jigsaw,Proses Pembelajaran,Kemampuan Mengajar dan Perilaku pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, M.Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Akhmat Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Tekhnik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Ahmad Barizi & Muhammad Idris. 2010. Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung:Alfabeta

Ibrahim.(2000).Pembelajaran kooperatif. Surabaya: University Press

Kunandar. 2007. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Mardiana.2013 Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk

Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa kelas V .

Milman Yusdi. (2010). Penilaian Prestasi Kerja. Jakarta: Balai Pustaka

Moh. Uzer Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim, M. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Sigit, Soehardi. 2003. Esensi Perilaku Organisasi. Penerbit Lukman Offset, Yogyakarta.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik.

Bandung Nusa Media

Sujoko, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Penabur

Downloads

Published

2021-02-26

Issue

Section

Artikel