PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TURNAMENT

Authors

  • Sri Mulyani SMP Negeri 2 Nguter, Kabupaten Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i1.1229

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Nguter setelah  penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).Penelitian ini menggunakan metode Peenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, tindakan ,observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Nguter, yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil  belajar IPA siswa, nilai rata-rata hasil  belajar IPA siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 69,255 pada siklus I sebesar 75,5 dan pada siklus II sebesar 81,8. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 62,5%, siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan hasil  belajar IPA siswa kelas VIII B semester 1 SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2017/ 2018”.

Kata-kata kunci: hasil belajar IPA siswa, model pembelajaran kooperatif TGT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Ar-Ruzz Media.

Bahri Djamarah, Syaiful.2002.Psikologi Belajar.Jakarta:Rineka Cipta.

Deperteman Pendidikan Dan Kebudayaan.1998.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

http:// repository. uksw. edu/ bitstream/ handle/ Restina. 2009. Aplikasi Model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dalammeningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhamadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Surakarta:Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Soejabrata, Soemadi.1969.Psikologi Belajar.Yogyakarta.

Sunanto.2007.Penggunaan Model PembelajaranKooperatifTipe TGT (Teams Games Tournament)UntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidikKelas VII G SMP Negeri 1 BulakambaBrebesPadaPokokBahasanPersamaandanPertidaksamaan Linier SatuVariabel.Surakarta:UniversitasNegeri Semarang.

Zaenudin, Muhamad.2008. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Nudia Materi Pokok Lingkaran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Semarang: UniversitasNegeri Semarang.

Published

2021-02-26

Issue

Section

Artikel