PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN

Authors

  • Wardoyo Wardoyo

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i1.1235

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran kooperatif Time Token untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris kelas VIII B SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2017/ 2018.  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas VIII B semester I SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2017/ 2018, sejumlah 32 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa  hasil belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Nguter dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Time Token. Persentase ketuntasan belajar siswa, yaitu: sebelum tindakan 20 siswa atau 62,5%, pada siklus I sebanyak 24 siswa atau 75% dan pada siklus II sebanyak 31 siswa atau 96,9%. Sedangkan rata-rata hasil belajar Bahasa Inggris siswa sebelum tindakan sebesar 70,9, pada siklus I sebesar 73,4, dan pada siklus II sebesar 81,7.

 

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif Time Token, hasil belajar bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends. 1998. Learning to Teach. New York: MC Grow Hill.Inc.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik edisi revisi 2010. Jakarta: PT Bineka Cipta.

Huda, M. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nuharini, Dewi dan Wahyuni, Tri. 2008. Bahasa Inggris Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Suprijono, A. 2009. Coperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiranataputra, U. S. dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas

Published

2021-02-27

Issue

Section

Artikel