UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI KEGIATAN BUZZ GROUP DISCUSSION

Authors

  • Erna Kusrini

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i1.1237

Abstract

Dari hasil pantauan peneliti selaku Kepala Sekolah, selama ini para guru  di SD Negeri 2 Karangduren Kecamatan Pakisaji masih jarang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Hasil kegiatan prasiklus menunjukkan bahwa semua guru belum memaksimalkan penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini untuk memberikan penjelasan tentang pelaksanaan kegiatan buzz group discussion dan meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 2 Karangduren Kecamaan Pakisaji. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek  penelitian ini  adalah seluruh guru kelas sejumlah 6 orang guru di SD Negeri 2 Karangduren Kecamatan Pakisaji. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi diskusi, penilaian skenario pembelajaran dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil observasi  pada kegiatan diskusi terdapat peningkatan sebesar 65,17 menjadi 79,50 pada siklus I dan 88,50 pada siklus terakhir. Pada penilaian skenario pembelajaran terdapat peningkatan sebesar 62,50 menjadi 80,00 pada siklus I dan 88,33 pada siklus terakhir. Pada penilaian pelaksanaan pembelajaran peningkatan sebesar 60,50 menjadi 80,00 pada siklus I dan 87,22 pada siklus terakhir. Berdasarkan hasil observasi dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembinaan dengan metode bimbingan diskusi kelompok kecil atau (buzz group discusion) terbukti mampu meningkatkan kemampuan guru-guru di SD Negeri 2 Karangduren dalam menggunakan dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar peserta didiknya.

Kata Kunci: sumber belajar, buzz groud discussion

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Setiady P., Usman H., 1995, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : Penerbit PT. Bumi Aksara

Amir Hamzah Suleiman. 1981. Media Audio Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta : PT. Gramedia

Arikunto. S. 1982. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta'. Bina. Aksara..

As’ari, Abdurrahman. 2003. Pembelajar Matematika Dengan Kooperatif Learning. Malang

Badru Zaman, dkk. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Buku Materi Pokok PGTK 2304. Modul 1-9. Jakarta Universiats Terbuka.

Moleong, Lexy J. 2008 Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Callahan, Joseph F. & Clark, Leonard H. 1982. Teaching in the Middle and

Secondary Schools. New York: Macmilland Publishing Co. Inc.

Conny Semiawan dkk. 1989 Pendekatan Keterampilan Proses, Penerbit PT. Gramedia, Jakarta

Danim, Sudarwan, 1994, Tranformasi Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Dewa Ketut Sukardi dan Desak Nila Kusmawati. 2008. Proses Bimbingan dan

Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, 1994, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Usaha Nasional, Surabaya.

Eko Hari Sutopo 2009.. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Gulley, Halbert E. 1960. Discussion, Conference, and Group Process.

University of Illionis.

Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang

Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Imron, Ali, 1995, Pembinaan Guru di Indonesia, Pustaka Jaya, Jakarta.

J. Moleong, Lexy. 1989.Metodologi Penelitian. Kualitatif. Bandung: Remadja Karya

Kamil Pasya Gurniwan, 2010.Kapita Selekta Sosiologi dan Antropologi, Buana Nusa, Bandung

Nasution, S.. 1996. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Pratita Ruwahidha Nur Ichsan. 2010.Peningkatan Motivasi Karir Melalui Teknik

Diskusi Kelompok Kecil Buzz Group Discussion Pada Siswa SMK

Muhammadiyah 1 Tempel. Skripsi. FIP-UNY.

Roestiyah, NK, 1986, Masalah-masalah Ilmu Keguruan, Bina Aksara, Jakarta.

Rusyan Tabrani. 2001. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.

Samana, A. 1994. Profesionalisme Keguruan, Kanisius, Yogyakarta.

Sardiman, AM, 1986, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, CV. Rajawali, Jakarta.

Soetjipto. 1999. Profesi Keguruan, Jakarta:Rineka Cipta.

Sudjana, Nana, 1989, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Sudjana. 2005. Metode statistika. Tarsito. Bandung.

Sugihartono dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Tohirin, 2007. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah : PT Grafindo Persada. Jakarta.

Wijaya, H. ES dan Tabrani Rusyan, 1992, Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Nine Karya Jaya, Bandung.

Downloads

Published

2021-02-27

Issue

Section

Artikel