ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS GURU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK KELAS 1 SDN BURENGAN 2 KOTA KEDIRI

Penulis

  • Khoshishti Shofin Farihat Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i2.4256

Kata Kunci:

Analysi, Decision, Students

Abstrak

Analisis tentang gaya kepemimpinan demokratis guru terhadap prestasi dan pola perilaku siswa di SDN Burengan 2 Kota Kediri, menjadi penting Tujuan penelitian ini yaitu analisis gaya kepemimpinan demokratis guru terhadap peningkatan prestasi akademik dan non akademik kelas 1 sdn burengan 2 kota Kediri. Metode merupakan cara yang ditempuh untuk memecahkan masalah suatu objek yang diteliti. Metode / pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif Dengan memberikan kebebasan dalam pengambilan keputusan, siswa merangsang. pemikiran kreatif dan pemecahan masalah yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak pada prestasi akademik dan non-akademik siswa, di mana mereka dapat mengaplikasikan pemikiran kritis dan kreativitas dalam memecahkan masalah dan menyelesaikan tugas-tugas yang kompleks.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiyono, A. (2022). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU. FIKRUNA, 4(1). https://doi.org/10.56489/fik.v4i1.56

Anangsya, L. A., & Ardiansyah, M. (2022). ANALISIS RAPORT MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI NO. 176 INPRES LENGKESE II KECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 3(1). https://doi.org/10.26858/jak2p.v3i1.32082

Asmial. (2016). Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kontingensi Dan Implementasi Supervisi Demokratis Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA Di KOTA SUBULUSSALAM. Jurnal Administrasi PendidikanPendidikan, 1.

Azzumar, L. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. In Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Herni Mulatsih, H. M., Murniati, N. A. N., & Egar, N. (2018). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA PAUD DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MUTU PAUD DI KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 7(3). https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3143

Luthfiyah Kurniawati. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di SD Djama’atul Ichwan Surakarta. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 9(2). https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.226

Nurcahyo, F. (2013). Pengelolaan Dan Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di SMA/MAN/Sederajat Se-Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2).

Nurzaima, N. (2018). Identifikasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3). https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1847

Rosaliawati, B. N., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2020). HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p61

Suprianto, S., Kusjono, G., & Susanti, N. (2021). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(5). https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.12549

Yusmina, Y., Rusdin, R., & Hamlan, H. (2022). Analisis Sosial Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Al-Azhar Mandiri Kota Palu. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.900

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-25

Terbitan

Bagian

Artikel