UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENGUASAAN GERAK DASAR LOMPAT DAN LONCAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN

Authors

  • sri haryani

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v3i1.575

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar Penguasaan Gerak Dasar Lompat dan Loncat melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas V SD SD Negeri 2 Sonoharjo Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sonoharjo Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 15 siswa yang terbagi atas 8 putra dan 7 putri. Sumber data terdiri dua yaitu (1) data primer yaitu, hasil belajar dan proses pembelajaran dan motivasi siswa terhadap atletik khususnya penguasaan gerak dasar lompat dan loncat pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sonoharjo Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 15 siswa, (2) data skunder yaitu, berupa RPP, Silabus dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui tes penguasaan lompat dan loncat dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar penguasaan gerak dasar lompat dan loncat siswa kelas V SD Negeri 2 Sonoharjo Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019. Kondisi awal proses pembelajaran dengan indikator  kesiapan siswa ,keberanian dan keaktifan siswa sebelum dilakukan PTK sebanyak 5 siswa (33%),pada siklus I menjadi 70% dan pada siklus 2 sebesar 87% (13 siswa). Motivasi tinggi belajar penguasaan gerak dasar lompat dan loncat hanya 5 siswa (33%). Pada siklus I dengan  dua pertemuan peningkatan motivasi menjadi 7 siswa (47%). Pada siklus II dengan dua pertemuan meningkat menjadi 12 siswa (80%).Hasil belajar siswa dari prasiklus 40% menjadi 60 % pada siklus 1 dan pada siklus 2  ketuntasan sebesar 100%. Simpulan penelitian ini sebagai berikut: Melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar penguasaan gerak dasar lompat dan loncat pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sonoharjo Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019. Pembelajaran lebih menarik,motivasi belajar meningkat dan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran

Kata kunci : Pendekatan bermain, Hasil Belajar, Motivasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam Setyawan.2010. Upaya Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Dengan

Pendekatan Bermain pada siswa kelas IV SD Negeri Sukogelap Purworejo

Aip Syarifudin. 1992.Olahraga Pilihan Atletik. Depdikbud, Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan

BSNP. 2006.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Jakarta.Depdikbud

Devi Ari Mariani, 2008.Bermain dan Kreatifitas Anak Usia Dini.Artikel Jurnal

Dimyati, 2009.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:PT.Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono, 2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka cipta

Donal dalam Djamarah , 2008.Psikologi Belajar .Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah B.Uno.2008. Perencanaan Pembelajaran.Jakarta:Bumi Aksara

Hamalik Oemar.2010.Proses Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta

Hamzah B.Uno.2011.Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta:Bumi Aksara

Hibana Rahman. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Matakupan ,1995.Teori Bermain.Jakarta : Depdikbud, Universitas Terbuka

Mochamad Djumindar, 2004.Gerak-Gerak Dasar Atletik Dalam Bermain,Jakarta : Raja Grafindo Persada

Nana Sudjana, 2009.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sasi Mahfiroh,2011.Upaya Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Sumampir Rembang Kabupaten Purbalingga

Sardiman.AM,2006.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar .Jakarta:Grafindo

Syaiful Bahri Djamarah.2002.Strategi Belajar Mengajar,Jakarta: Rineka Cipta

Sukintaka, 1998.Teori Bermain .untuk D2 PGSD Penjaskes,Jakarta:Dirjen Depdikbud

Sukintaka,2001.Teori Pendidikan Jasmani .Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia

Sutrisno, T. (2019). PEMBELAJARAN BERMAIN MELALUI RANGSANGAN TINGGI DAN JARAK DITINJAU DARI KECEPATAN. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1).

Utami Munandar,2009.Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Yuli Triyanto ,2011 . Lompat Tinggi Dengan Alat Bantu Kardus dan Matras Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tanjung Magelang

Published

2020-09-16

Issue

Section

Artikel