PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS VIII I SEMESTER I

Authors

  • Darus Rohman

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v3i1.583

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui metode examples non examples siswa kelas VIII I Semester I SMP Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2019/ 2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Sukoharjo yang berjumah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan pada akhir siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar bahasa Inggris 80,00, dan ketuntasan minimal 90% yang diajar dengan metode examples non example. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa bahasa Inggris, yaitu: adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa bahasa Inggris, yaitu: nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 70,5, pada siklus I sebesar 75,13, dan pada siklus II sebesar 81,6. Peningkatan nilai ketuntasan minimal, yaitu: sebelum tindakan 56,25%, pada siklus I sebesar 78,125% dan pada siklus II sebesar 100%.  Pada siklus II nilai rata-rata kelas siswa telah mencapai indikator yang ditentukan yaitu  80,00 dan  nilai ketuntasan minimal siswa telah mencapai indikator yang ditentukan yaitu  90%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode examples non examples dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII I Semester I SMP Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2019/ 2020.

 Kata kunci : prestasi belajar bahasa Inggris, metode examples non examples

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandarwassid, dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu mudah (Classrom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mahendra, M., & Setiyani, S. (2019). KORELASI MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1).

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sudiyana, B. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cakrabook dan Bradelvi.

Sukarno. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Prinsip-prinsip Dasar, Konsep, dan Implementasinya). Surakarta: Media Perkasa.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2020-09-16

Issue

Section

Artikel