Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono

Authors

  • Evin Hangesti Pradita Dewi Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Siti Akbari Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Anwari Adi Nugroho Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v1i1.251

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 Jatisrono Tahun pembelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan lembar Observasi, metode tes, dan dokumentasi. Indikator kinerja pada aktivitas individual mencapai ?73,07% sedangkan hasil belajar siswa  secara klasikal mencapai ? 88,46 %. Aktivitas siswa pada keterampilan (Psikomotor) di siklus I, II, dan III yaitu (38,46%,69,23%,84,61%) dan sikap (afektif) untuk siklus I, II, dan III yaitu  (46,61%,61,53%,88,61%), peningkatan aktivitas siswa siklus III suadah mencapai indikator kinerja keberhasilan ? 73,07%. Hasil penelitian siklus I ketuntasan belajar siswa yaitu 65,38%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 76, 92%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa 92,30%. Hasil belajar sudah memenuhi nilai KKM dan mencapai indikator kinerja keberhasilan ? 88,46%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar biologi siswa.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model PBL

Author Biographies

Evin Hangesti Pradita Dewi, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Siti Akbari, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Anwari Adi Nugroho, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

References

Abdullah, Ridwan. (2014). Pembelajaran Santifik untuk Implemetasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksa.

Ariyanto, Dedy. (2017). Strategi pembelajaran Problem Based Lerning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif pada mata kuliah ilmu kealaman dasar.Volume.3. No 2.Diakses dari jurnalAriyanto. Volume 3.

Astuti, Retno Puji.(2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui PBL Pada Siswa Kelas X6 SMA Negeri 4 Pekalongan Tahan 2012/2013.Volume.42. No 2. Diakses dari jurnal Astuti.Volume 24.

Batdi, Mariana. (2014). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA Swasta Sidomarem.Volume.1. No 1.Diakses dari jurnal Batdi.Volume 1.

Erna,Widiyawati. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Bsebases Masalah( Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Biologi Di MAN 3 Malang.Volume 1 No 2.Diakses dari jurnal Erna. Volume 1

Fauzan, Maarut, Abdul Gami, Muhammad Syukri. (2017). Penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaaran materi tata surya untuk mengkatkan hasil belajar siswa. Volume 05. No 1.Diakses dari jurnal Fauzan .Volume 5.

Fitri. (2016). Penerapan Model PBL Pada Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Kerangka Berpikir SMA Negeri 19 Bandung tahun pelajaran 2014/2015.Diakses dari jurnal Fitri.Volume 1.No 1. Diakses dari jurnal Fitri. Volume 1.

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hadijah, Sitti. (2014). Peningkatkan moitvasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning kelas〖 VII〗_F SMP N 3 Palopo. Volume01. No 1.Diakses dari jurnal Hadijah .Volume 1.

Kemedikbud. (2013). Premendikbud No. 56 tentang Standar Proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Medriati, R. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Cahaya Kelas VII6 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Laboratorium di SMPN 14 Kota Bengkulu. Volume. 3. No 1. Diakses dari jurnal Medriati .Volume 3.

Nugroho, A. A., & Hanik, N. R. (2015, November). A Studi on High Plant Systems Course with Active Learning in Higher Education Through Outdoor Learning to Increase Student Learning Activities. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 551-556).

Putra, Muhammad. (2012). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kebiasaan berpikir luas pada konsep pencemaran lingkungan. Volume 06. No.2. Diakses dari jurnal Putra, Muhammad. Volume 6.

Wahhyudi, Adi, Marjono, Harlita. (2015). Pengaruh Problem Based Learning terhadap keterampilan proses sain dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N Jumapolo Tahun Pelajaraan 2013/2014. Volume 04. No.1. Diakses dari jurnal Wahhyudi, adi, Marjono, Harlita.Volume 04

Widodo, Lusi Widayanti. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Vll A Mts Negeri Donomulyo Kulon ProgoJurnal Fisika Indonesia. Volume. 97, No.49.Diakses dari jurnal Widodo, Lusi Widayarti .Volume 97.

Published

2019-03-30

How to Cite

Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1). https://doi.org/10.32585/.v1i1.251

Issue

Section

Artikel