Keanekaragaman Tumbuhan Paku di Kawasan Wisata Alam Candi Muncar Wonogiri Sebagai Bahan Penyusunan Modul Pembelajaran

Authors

  • Sulastri Sulastri Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Tri Wiharti Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Anwari Adi Nugroho Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v1i1.248

Abstract

Kawasan Wisata Alam Pura Wonogiri Muncar memiliki beragam flora, termasuk pakis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman pakis dan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran biologi untuk SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan sistem penempatan stasiun dan plot sesuai dengan lokasi lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 21 jenis pakis (Pteridophyta), di Kawasan Wisata Alam Candi Muncar, terdiri dari tiga kelas, yaitu kelas Filicinae, kelas Equisetinaceae dan kelas Lycopodiinae. Hasil validasi modul "Tumbuhan Paku (Pteridophyta)", diperoleh skor akhir dengan rata-rata 45,22 (skala 56) dengan nilai persentase 81%, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran biologi "Tumbuhan Paku (Pteridophyta) "dinyatakan memenuhi syarat sangat baik, digunakan sebagai modul pembelajaran biologi SMA.

Kata kunci: keanekaragaman pakis, modul pembelajaran biologi, kawasan wisata alam candi Muncar

Author Biographies

Sulastri Sulastri, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Tri Wiharti, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Anwari Adi Nugroho, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

References

Arini, D, I, D., & Kinho J. (2012). Keragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Cagar Alam Gunung Ambang Sulawesi Utara (The Pteridhopyta Diversity In Gunung Ambang Nature Reserve North Sulawesi).Jurnal BPK Manado, 2 (1).

Armi, J, M. (2017). Identifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Sebagai Bahan Ajar Botani Tumbuhan Rendah Di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains : 5 (1),

Campbell, N. A. & Reece, J. B. (2012). Biologi. Jakarta: Erlangga.

Ceri, B. Lovadi, I. Linda, R.. (2014). Keanekaragaman Jenis Paku-Pakuan (Pteridophyta) Di Mangrove Muara Sungai Peniti Kecamatan Segedong Kabupaten Pontianak. Jurnal Protobiont, 3 (2) : 240 – 246.

Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Departemen pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan.

Efendi, W,W., Hapsari, F,N,P.,& Nuraini, Z. (2013). Studi Inventarisasi Keanekaragaman Tumbuhan Paku Di Kawasan Wisata Coban Rondo Kabupaten Malang. Cogito Ergo Sum, 2 (3).

Handoko,A, Sajidan, Maridi. (2016). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning (Part Of Inquiry Spectrum Learning-Wenning) Pada Materi Bioteknologi Kelas Xii Ipa Di Sma Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. JURNAL INKUIRI ISSN: 2252-7893, 5.(3), 2016 (hal 144-154)

Hariyanto,S. (2008), Teori dan Praktik Ekologi, Surabaya,Airlangg University Press.

Lubis S. R. (2009). Keanekaragaman dan Pola Distribusi Tumbuhan Paku di Hutan Wisata Alam Taman Eden Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara. Tesis, Medan, Universitas Sumatera Utara.

Nugroho, A. A., & Subiyantoro, S. (2017). Pengembangan Modul Sistematika Tumbuhan Tinggi Berbasis Guided Discovery untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIO-PEDAGOGI, 6(2), 19-24.

Nugroho, S, M., Ningsih, S., & Ihsan, M. (2013). Keanekaragaman Jenis Burung Pada Areal Dongi-Dongi Di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Jurnal Warta Rimba, 1 (1).

Nurchayati, N. (2010). Hubugan Kekekrabatan Beberapa Spesies Tumbuhan Paku Familia Polypodiaceae Ditinjau Dari Karakter Morfologi Sporofit dan Gametofit. Jurnal Ilmiah .PROGRESIF, 7 (19).

Nybakken, J. W. (1992). Biologi Laut: Suatu Pendekatan Ekologis. Cetakan ke 2. Terjemahan H.M. Eidman, Koesoebiono, D.G. Bengen M. Hutomo & S. Sukoharjo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Odum, P. E. (1998), Dasar-dasar Ekologi, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Sastrapradja, J., Afriastini, D., & Elizabeth. (1980). Jenis Paku Indonesia. Bogor, Lembaga Biologi Nasional.

Sayekti, F,H., Wibowo, Y.,Ratnawati. (2017). Pengembangan Modul Pengayaan Keanekaragaman Paku Wanagama Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sma Di Gunungkidul. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6 (6).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Tjitrosoepomo, G. (2003). Taksonomi Tumbuhan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Widhiastuti, R., T. A. Aththorick & W. D. P. Sari, (2006). Struktur dan Komposisi Tumbuhan Paku-pakuan di Kawasan Hutan Gunung Sinabung Kabupaten Karo. Jurnal Biologi Sumatera, 1 (2) Juli 2006.

Wijaya, C. (1992). Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara

Published

2019-03-30

How to Cite

Sulastri, S., Wiharti, T., & Nugroho, A. A. (2019). Keanekaragaman Tumbuhan Paku di Kawasan Wisata Alam Candi Muncar Wonogiri Sebagai Bahan Penyusunan Modul Pembelajaran. Journal of Biology Learning, 1(1). https://doi.org/10.32585/.v1i1.248

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)