Keanekaragaman dan Kemelimpahan Serangga di Hutan Bromo Karangannyar Sebagai Sumber Alternatif Belajar Biologi di SMA

Authors

  • Hartini Hartini Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Nur Rokhimah Hanik Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Anwari Adi Nugroho Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v1i1.252

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui indeks keanekaragaman dan kemelimpahan serangga di Hutan Bromo Karanganyar, mengetahui faktor biotik dan abiotik apa saja yang mempengaruhi keanekaragaman dan kemelimpahan serangga dan untuk  memperoleh salah satu alternatif sumber belajar biologi di SMA khususnya tentang Keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilaksanakan pada Maret- April 2016 di Hutan Bromo Desa Sinongko Kelurahan Gedong Kabupaten Karanganyar dengan menggunakan metode estimasi populasi Lincoln- Peterson dan menghitung langsung. Teknik pengumpulan data dengan penangkapan dan dokumentasi. Analisis data dengan tiga cara yaitu mendiskripsikan cirri-ciri serangga, menghiting INP dan H’. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keanekaragaman serangga di Hutan Bromo Kabupaten Karanganyar termasuk dalam kategori sedang yaitu berada pada 1,5³H’³3,5.  Indeks kemelimpahan serangga (INP) tertinggi terjadi pada penelitian pagi hari yaitu ordo Collembola pada genus Entomobrya dengan nilai 19,14, sedangkan terendah pada pagi hari yaitu ordo Dermaptera pada genus Euborellia dengan nila 6,1. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan di Sekolah Menengah Atas sebagai salah satu alternative sumber belajar biologi tentang Keanekaragaman khususnya tentang insekta.

Kata Kunci     : Keanekaragaman, Kemelimpahan, Serangga, Sumber Belajar biologi.

Author Biographies

Hartini Hartini, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Nur Rokhimah Hanik, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Anwari Adi Nugroho, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

References

Borror, D. J., C. A. Triplehorn dan N. F.Johnson. (1997). Pengenalan PelajaranSerangga.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Jumar. (2000). Diakses dari http: //nurrohmanhadi. wordpress. com/ 2011/ 08/ 30/ biologi-serangga/

Nugroho, A. A., & Subiyantoro, S. (2017). Pengembangan Modul Sistematika Tumbuhan Tinggi Berbasis Guided Discovery untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIO-PEDAGOGI, 6(2), 19-24.

Rahmawaty. (2006). Studi Keanekaragaman Mesofauna Tanah di Kawasan Hutan Wisata Alam Sibolangit. Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara www.library.usu.ac.id/modules.php. (Diakses 15 Desember 2015).

Soegianto, A. (1994). Ekologi Kuantitatif: Metode Analisis Populasi dan Komunitas. Surabaya: Usaha Nasional.

Suin, N. M. (1997). Ekologi Fauna Tanah. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno, R., Herawati, S., Istamar, S., Soebagio., I Komang A. Lingkungan Hidup Kita. Malang: PKPKLH Lembaga Penelitian IKIP Malang.

Published

2019-03-30

How to Cite

Hartini, H., Hanik, N. R., & Nugroho, A. A. (2019). Keanekaragaman dan Kemelimpahan Serangga di Hutan Bromo Karangannyar Sebagai Sumber Alternatif Belajar Biologi di SMA. Journal of Biology Learning, 1(1). https://doi.org/10.32585/.v1i1.252

Issue

Section

Artikel