Peningkatan Aktivitas dan hasil Belajar Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Xl MIPA 1 SMA Negeri 1 Tawangsari

Authors

  • Dita Nur Apsita Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Tri Wiharti Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Suwarto Suwarto Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v1i2.507

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui model Problem  Based  Learning pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi. Data hasil belajar diambil dengan menggunakan post test, dan aktivitas belajar diambil melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal dari 36 siswa yang mencapai ketuntasan adalah 14 siswa (40%),  siklus I  terjadi peningkatan yaitu 18 siswa (51%) mencapai ketuntasan, siklus II meningkat menjadi 25 siswa (70%) mencapai ketuntasan, siklus III meningkat menjadi  30 siswa (84%) mencapai  ketuntasan. Untuk aktivitas belajar siklus I, penilaian aspek afektif yaitu  (47,22%) dan aspek psikomotorik yaitu (44,44%) dengan kriteria rendah, siklus II  penilaian aspek afektif meningkat menjadi (69,44%) dan aspek psikomotorik (63,88%) dengan kriteria sedang dan siklus III aktivitas belajar dalam penilaian aspek afektif mencapai (83,33%) dan aspek psikomotorik (80,55%) dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Author Biographies

Dita Nur Apsita, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Tri Wiharti, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Dosen Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Suwarto Suwarto, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Dosen Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

References

C, Asri Budiningsih. (2009). Mengembangkan nilai-nilai afektif dalam pembelajaran. Journal Yogyakarta: KTP-FIP. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1).

Nurjanah, Anita. (2012). Pendidikan dan Faktor-faktornya .Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurtanto, M. &Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, psikomotorik dan afektif siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. PTK PPS Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sohimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Wulansari, B., Hanik, N. R., & Nugroho, A. A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning,1(1).

Published

2019-09-30

How to Cite

Apsita, D. N., Wiharti, T., & Suwarto, S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan hasil Belajar Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Xl MIPA 1 SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(2). https://doi.org/10.32585/.v1i2.507