Kelayakan Media Poster Lipat Sub Materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32585/.v1i2.392Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran poster lipat pada sub materi pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia kelas X SMA. Poster lipat didasarkan dari hasil inventarisasi jenis-jenis tanaman obat keluarga oleh masyarakat di Desa Nipah Panjang Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sistematika penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu pembuatan media poster lipat, validasi media poster lipat, dan analisis data. Media poster lipat divalidasi oleh dua orang dosen Pendidikan Biologi FKIP UNTAN dan tiga orang guru di sekolah yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yaitu SMAN 2 Batu Ampar, SMAN 1 Kubu, dan SMAN 1 Batu Ampar. Penilaian lembar validasi menggunakan skala likert dan analisis data berdasarkan rumus Lawshe (1975). Berdasarkan penilaian dari lima validator memperoleh nilai Content Validity Index (CVI) 1,00 > 0,99 sehingga dinyatakan valid dan layak digunakan pada sub materi pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia kelas X SMA
Kata kunci: Tanaman Obat Keluarga, Poster Lipat
Downloads
References
Anisah, S.N. (2016). Kelayakan Media Poster Lipat Etnobotani di Desa Tasik Malaya Pulau Padang Tikar Kabupaten Kubu Raya Pada Sub Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMA. Skripsi.
Irnaningtyas. (2013). Biologi SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Julyanto, D.T. (2010). Struktur Komunitas Fitoplankton Di Perairan Hutan Mangrove Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Serta Implementasinya Hasil Penelitian Dalam Pembuatan Media Poster Untuk Sub Materi Ekosistem Estuari Di Kelas X SMA. Skripsi. Pontianak: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Lawshe, C.H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personnel Psychology. Bowling Green State University.
Mediawati, E. (2011). Pembelajaran akuntansi keuangan melalui media komik untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 68-76.
Nandika, D., dkk. (2002). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi VI. (Buku Online). Jakarta: Ditjen Dikti, Depdiknas. (http://lppm.ugm.ac.id, diakses tanggal 12 Juni 2019).
Ningrum, H.P. (2013). Uji Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Manila (Achras zapota L.) Terhadap Escherichia coli Dan Implementasinya Dalam Perangkat Pembelajaran Disertai Media Poster Pada Sub Materi Peranan Bakteri Di Kelas X SMA. Skripsi. Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Riley, M. (2014). Creative Folding Options on a Budget. (Online). (http://opusdesign.us/creative-folding-options-on-a-budget/, diakses pada tanggal 6 Februari 2019).
Renat, S. E., Novriyanti, E., & Armen, A. (2017). Pengembangan Modul Dilengkapi Peta Konsep dan Gambar pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP. Bioeducation, 1(1), 95-108.
Sadiman, A.S., R. Raharjo., & Anung H. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Susilana, R., & Riyana C. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Williams, R. (2010). Poster Design Tips and Techniques. (Online). (https:// www.google.com/url.fextension.colostate.edu, diakses tanggal 20 Juni 2019).
Yunita, N. I., Chasanatun, F., & Listiani, I. Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Media Foto untuk Siswa Kelas V SDN Ngepeh Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Journal of Biology Learning, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.