Peningkatan Aktivitas dan hasil Belajar Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Xl MIPA 1 SMA Negeri 1 Tawangsari
DOI:
https://doi.org/10.32585/.v1i2.507Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi. Data hasil belajar diambil dengan menggunakan post test, dan aktivitas belajar diambil melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal dari 36 siswa yang mencapai ketuntasan adalah 14 siswa (40%), siklus I terjadi peningkatan yaitu 18 siswa (51%) mencapai ketuntasan, siklus II meningkat menjadi 25 siswa (70%) mencapai ketuntasan, siklus III meningkat menjadi 30 siswa (84%) mencapai ketuntasan. Untuk aktivitas belajar siklus I, penilaian aspek afektif yaitu (47,22%) dan aspek psikomotorik yaitu (44,44%) dengan kriteria rendah, siklus II penilaian aspek afektif meningkat menjadi (69,44%) dan aspek psikomotorik (63,88%) dengan kriteria sedang dan siklus III aktivitas belajar dalam penilaian aspek afektif mencapai (83,33%) dan aspek psikomotorik (80,55%) dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning
Downloads
References
C, Asri Budiningsih. (2009). Mengembangkan nilai-nilai afektif dalam pembelajaran. Journal Yogyakarta: KTP-FIP. Universitas Negeri Yogyakarta.
Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1).
Nurjanah, Anita. (2012). Pendidikan dan Faktor-faktornya .Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurtanto, M. &Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, psikomotorik dan afektif siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. PTK PPS Universitas Negeri Yogyakarta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sohimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Wulansari, B., Hanik, N. R., & Nugroho, A. A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning,1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.