Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja melalui Supervisi Akademik pada Guru SD Negeri 2 Gunem Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Ismangun Ismangun

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1198

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi kerja guru di SD Negeri 2 Gunem Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui supervisi akademik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian ini adalah semua guru SDN 2 Gunem dengan jumlah guru 8 orang. Waktu penelitian dilaksanakan selama 4 bulan, yaitu bulan Agustus sampai November 2019. Data diperoleh dari hasil pengamatan. Hasil penelitian ini adalah supervisi akademik meningkatkan motivasi kerja guru di SD Negeri 2 Gunem Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan motivasi kerja tersebut ditandai dengan naiknya data nilai pengamatan, yaitu motivasi kerja guru yang termasuk baik pada Kondisi Awal sebesar 25%, pada Siklus I meningkat menjadi 62,5% dan pada Siklus II meningkat menjadi 87,5%.

Kata-kata Kunci: Motivasi Kerja, Guru, Supervisi Akademik.

 

References

Anonim. (2009). Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Kepala Sekolah: Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Antana, Agus Sri. (2019). Penerapan Supervisi Intel untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas di SD Negeri Pengkol 01 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, Volume 28(3), hal: 223-230.

Bafadal, Ibrahim. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kompetensi Menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example melalui Supervisi Akademik bagi Guru Kelas di SD Negeri 02 Kedungjeruk Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, Volume 28(3), Nopember 2019, hal: 239-246.

Kartono. (1998). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali.

Makmum. (2005). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manullang. (1999). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2003). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

________. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet. (2000). Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Mengembangkan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Siagian, Sondang. (2005). Fungsi-fungsi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Umam, Khoirul. (2010). Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Ismangun, I. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja melalui Supervisi Akademik pada Guru SD Negeri 2 Gunem Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(1), 29–36. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1198

Issue

Section

Artikel