Pemanfaatan Laman Web Make Beliefs Comix dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik Digital

Authors

  • Jesyischa Rizky Devista UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Tito Tri Kadafi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1531

Abstract

Abstrak: Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan dan memunculkan inovasi dalam penciptaan media pembelajaran berbasis digital, terutama komik digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Peneliti menggunakan metode kualitatif, memanfaatkan data yang diperoleh dari 60 orang responden yang menjadii informan dalam penelitian ini dengan mengisi angket yang disebarkan melalui Google Formulir. Teknik analisis datanya dengan menganalisis jawaban angket dan memetakannya menjadi data penelitian. Hasil penelitian ini adalah media komik digital sangat menarik untuk dikembangkan menjadi media pembelajaran, terlebih dengan memanfaatkan laman Make Beliefs Comix yang memiliki banyak kelebihan, yakni laman Make Beliefs Comix dapat digunakan tanpa harus mengunduk aplikasi, dapat digunakan oleh pengguna yang tidak terampil dalam menggambar, mudah dalam pengoperasiannya, dan hemat biaya. Sedangkan kekurangan laman ini yakni, memerlukan koneksi intenet yang baik serta memerlukan komputer jinjing atau komputer agar lebih mudah digunakan.

Kata-kata Kunci: Make Beliefs Comix, Media Pembelajaran, dan Teknologi

References

Adriani, Salma Rahma Chrisya, dkk. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, Vol.30(1), Maret 2021, hal.53–58. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1162

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, dan Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta.

Kadafi, Tito Tri. (2021). Integrasi Google Art and Culture dan Google Sites sebagai Media Pembelajaran Widyawisata pada Pembelajaran Penulisan Puisi. Jurnal Pendidikan, Vol.30(1), Maret 2021, hal.23–28. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1100

Kadaruddin. (2016). Media Dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Kanti, Fitra Yurisma, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran untuk Siswa Kelas X IPS di MAN 1 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.12(1), hal. 135. DOI: 10.19184/jpe.v12i1.7642

Pambudi, Rio, dkk. (2019). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, Vol.28(2), Juli 2019, hal.176. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.345

Poerwandari, E. Kristi. (1998). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian. Jakarta: Lembaga Pengembangan dan Pengukuran Psikologi, Fakultas Psikologi UI

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

———. (2013). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief S., Rahardjo, Anung Haryono, dan Harjito. (2006). Media Pendidikan: Pendidikan, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Styaningsih, Harum Aris, dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Minat Belajar PPKN Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM. Jurnal Profesi Pendidik. Vol.3(2), November 2016, hal. 131.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Wardana, Andi. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengapresiasi Cerita Anak Pada Peserta Didik Kelas III SD/MI. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Wahyuni, Yusri. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika . Vol.10(2), hal.128

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Devista, J. R., & Kadafi, T. T. (2021). Pemanfaatan Laman Web Make Beliefs Comix dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik Digital. Jurnal Pendidikan, 30(2), 153–164. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1531

Issue

Section

Artikel