Pemanfaatan Laman Web Make Beliefs Comix dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik Digital
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1531Abstract
Abstrak: Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan dan memunculkan inovasi dalam penciptaan media pembelajaran berbasis digital, terutama komik digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Peneliti menggunakan metode kualitatif, memanfaatkan data yang diperoleh dari 60 orang responden yang menjadii informan dalam penelitian ini dengan mengisi angket yang disebarkan melalui Google Formulir. Teknik analisis datanya dengan menganalisis jawaban angket dan memetakannya menjadi data penelitian. Hasil penelitian ini adalah media komik digital sangat menarik untuk dikembangkan menjadi media pembelajaran, terlebih dengan memanfaatkan laman Make Beliefs Comix yang memiliki banyak kelebihan, yakni laman Make Beliefs Comix dapat digunakan tanpa harus mengunduk aplikasi, dapat digunakan oleh pengguna yang tidak terampil dalam menggambar, mudah dalam pengoperasiannya, dan hemat biaya. Sedangkan kekurangan laman ini yakni, memerlukan koneksi intenet yang baik serta memerlukan komputer jinjing atau komputer agar lebih mudah digunakan.
Kata-kata Kunci: Make Beliefs Comix, Media Pembelajaran, dan Teknologi
Downloads
References
Adriani, Salma Rahma Chrisya, dkk. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, Vol.30(1), Maret 2021, hal.53–58. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1162
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah, dan Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta.
Kadafi, Tito Tri. (2021). Integrasi Google Art and Culture dan Google Sites sebagai Media Pembelajaran Widyawisata pada Pembelajaran Penulisan Puisi. Jurnal Pendidikan, Vol.30(1), Maret 2021, hal.23–28. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1100
Kadaruddin. (2016). Media Dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Kanti, Fitra Yurisma, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran untuk Siswa Kelas X IPS di MAN 1 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.12(1), hal. 135. DOI: 10.19184/jpe.v12i1.7642
Pambudi, Rio, dkk. (2019). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, Vol.28(2), Juli 2019, hal.176. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.345
Poerwandari, E. Kristi. (1998). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian. Jakarta: Lembaga Pengembangan dan Pengukuran Psikologi, Fakultas Psikologi UI
Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
———. (2013). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, Arief S., Rahardjo, Anung Haryono, dan Harjito. (2006). Media Pendidikan: Pendidikan, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Styaningsih, Harum Aris, dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Minat Belajar PPKN Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM. Jurnal Profesi Pendidik. Vol.3(2), November 2016, hal. 131.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Wardana, Andi. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengapresiasi Cerita Anak Pada Peserta Didik Kelas III SD/MI. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Wahyuni, Yusri. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika . Vol.10(2), hal.128
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.