Strawberry Generation: Dilematis Keterampilan Mendidik Generasi Masa Kini

Authors

  • Syifa Aulia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tati Meilani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zachrah Nabillah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2485

Abstract

Generasi muda saat ini belum sepenuhnya mampu memenuhi komponen dari karakter ideal yang dibutuhkan dalam menopang kemajuan dan keberhasilan suatu bangsa di masa mendatang. Strawberry Generation merepresentasikan buah stroberi yang indah namun mudah rapuh dan hancur apabila dipijak. Kelahiran Strawberry Generation dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk pola asuh orang tua dalam mendidik dan membesarkan anaknya. Peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut mengenai keterampilan orang tua dalam mendidik anak-anak masa kini. Penggunaan metode fenomenologi sebagai upaya dalam menguraikan dan mengungkapkan bagaimana keterampilan orang tua dalam mendidik anak masa kini dan bagaimana perubahan perilaku yang terjadi sebagai akibat didikan tersebut terhadap perumpamaan istilah yang dihubungkan dengan generasi Z yaitu strawberry generation. Hasil dari penelitian ini, didapatkan bahwa terdapat keterampilan orang tua dalam mendidik anak yang berpotensi tumbuhnya mereka menjadi bagian dari strawberry generation, diantaranya pola asuh overprotective, pola asuh otoriter, dan pemberian apresiasi atau pujian secara berlebihan. Solusi guna meminimalisir anak menjadi Strawberry Generation diantaranya: 1) membangun mental; 2) berikan kepercayaan kepada anak untuk mengerjakan tanggung jawab yang mampu membuatnya belajar dan meng-upgrade diri, sehingga anak merasa berkontribusi dan merasa berharga; 3) melatih anak untuk mengambil keputusan; 4) selalu memahami kondisi anak.

Kata-kata KunciStrawberry Generation, Generasi-Z, Keterampilan Mendidik.

References

Apriando, Fhilippo. 2021. “Pemuda Sebagai ‘Agent Of Change’ Halaman 1 - Kompasiana.Com.” Retrieved April 10, 2022 (https://www.kompasiana.com/fhilippogirsang/6127663101019005f15e5c33/pemuda-sebagai-agent-of-change).

Creswell, J.W., 2013. “Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches,” in Research design. Sage Publications Inc, California.

Dewi, Amalia, and Gumilar Eki, Tito. 2019. “Potret Remaja Kreatif Generasi?(Phi) Pengubah Indonesia.” Konvensi Nasional Bimbingan Dan Konseling XXI, 189-197.

Detikhealth. (2014). Jangan Berlebihan Beri Pujian pada Anak, Ini Dampaknya. Diakses pada 31 Mei 2022 dari https://health.detik.com/ibu-dan-anak/d-2567260/jangan-berlebihan-beri-pujian-pada-anak-ini-dampaknya.

Edwar, Lucky. 2022. “Maksud Strawberry Generation Dan Siapa Saja Yang Masuk Generasi Ini, Ini Penjelasannya - Ketik News.” Retrieved April 10, 2022 (https://www.ketiknews.id/life-style/pr-3012980841/maksud-strawberry-generation-dan-siapa-saja-yang-masuk-generasi-ini-ini-penjelasannya).

Febrianti, Erlina. 2020. “Pemuda Generasi Penerus, Garda Depan Perubahan Indonesia.” Retrieved April 10, 2022 (http://formadiksi.um.ac.id/pemuda-generasi-penerus-garda-depan-perubahan-indonesia/).

Juhardin, H., & Roslan, S. (2016). Dampak Pola Asuh Orang tua terhadap Perilaku Anak. Jurnal Neo Societa, 2(4).

Kasali, Renald. 2018. Strawberry Generation, Mengubah Generasi Rapuh menjadi Generasi Tangguh.

Prihatina, Ratih. 2022. “Generasi Strawberry, Generasi Kreatif Nan Rapuh Dan Peran Mereka Di Dunia Kerja Saat Ini.” Retrieved April 10, 2022 (https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pekalongan/baca-artikel/14811/Generasi-Strawberry-Generasi-Kreatif-Nan-Rapuh-dan-Peran-Mereka-Di-Dunia-Kerja-Saat-Ini.html).

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157-170.

Sinaga, Janes, Juita Lusiana Sinambela, Stimson Hutagalung, and Rolyana Ferinia. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak-Anak Melalui Pekerjaan Rumah Tangga.” Jurnal Kadesi 4(1):139–59. doi: 10.54765/ejurnalkadesi.v4i1.24.

Susanti, Afriani. 2015. “Masalah Terbesar Pemuda Saat Ini : Okezone Edukasi.” Retrieved April 10, 2022 (https://edukasi.okezone.com/read/2015/10/27/65/1238809/masalah-terbesar-pemuda-saat-ini).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Tou, Ridwan, Ervanus. 2020. “Generasi Muda Harapan Bangsa.” Retrieved April 10, 2022 (https://mediaindonesia.com/opini/356459/generasi-muda-harapan-bangsa).

Winahyu, Ishmah, Atikah. 2020. “Kepala Perpusnas: Pemuda Harus Siap Hadapi Persaingan Global.” Retrieved April 10, 2022 (https://mediaindonesia.com/humaniora/359800/kepala-perpusnas-pemuda-harus-siap-hadapi-persaingan-global).

Downloads

Published

2022-08-06

How to Cite

Aulia, S., Meilani, T., & Nabillah, Z. (2022). Strawberry Generation: Dilematis Keterampilan Mendidik Generasi Masa Kini. Jurnal Pendidikan, 31(2), 237–244. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2485

Issue

Section

Artikel