Peningkatan Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti Siswa SMA Negeri 1 Gemolong Melalui Metode Call on The Next Speaker

Authors

  • Agus Purwanto GPAI SMAN 1 Gemolong Sragen

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.483

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam kelas XI IPS 3 yang dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model atau metode Call on the Nest Speaker. Penggunaan model metode Call on the Next Speaker dilakukan untuk peningkatan prestasi dalam hasil capaian proses belajar mengajar. Metode yang digunakan Model pembelajaran ini siswa dituntut untuk lebih kreatif dalam proses belajar. Caranya siswa dibuat per-kelompok seperti pada tahap pra siklus (metode diskusi), yang membedakan hanyalah aktifitasnya, siswa diberi tugas untuk membuat gambar/poster yang relevan sebagai alat peraga sesuai dengan materi yang dikaji, kemudian mempresentasikannya. Tujuan yang ingin dicapai adalah siswa lebih antusias mengikuti materi PAI. Hasil yang akan diperoleh dari siswa terjadi peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran PAI dan penggunaan metode Call on the Next Speaker berhasil diimplementasikan di siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Gemolong.

References

Aqib, Zainal. (2012). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan

Cendekia.

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran.Yogyakarta: Teras.

Fajar, Arnie. (2009). Portofolio. Bandung: Rosdakarya.

Fajri, Em Zul. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.

Diffa Publishe. Muna, WA.(2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan

Aplikasi. Yogyakarta:Teras.

Purwanto Ngalim. (1987). Psikologi Pendidikan. CV Remadja Karya.

Kamus Umum bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka. (2016).

Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

Purwanto, A. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti Siswa SMA Negeri 1 Gemolong Melalui Metode Call on The Next Speaker. Jurnal Pendidikan, 28(3), 231–238. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.483

Issue

Section

Artikel