Analisis Soal HOTS Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Hania nurbayti Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Suwarto Suwarto
  • Agus Purwanto

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal dan karakteristik soal tipe HOTs ditinjau bentuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi serta berbasis permasalahan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu metode campuran atau Mixed Methods Research (MMR). deskriptif kuantitatif untuk mengetahui persentase dari hasil analisis soal dalam tipe HOTs dan LOTs yang sesuai dengan ketentuan taksonomi Bloom dan untuk mengetahui persentase dari karakteristik dari soal tipe HOTs, deskripsi kualitatif untuk menjelaskan dan memberikan makna dari data kuantitatif yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal penilaian akhir semester gasal mata pelajaran biologi kelas X tahun ajaran 2022/2023 dengan persentase sebesar 42,5% HOTs deskripsikan menurut tabel kriteria kesesuaian soal-soal berbasis HOTs “setengah” dari soal-soal penilaian akhir semester gasal mata pelajaran biologi kelas X tahun ajaran 2022/2023 berbasis HOTs serta karakteristik soal tipe HOTs dengan persentase 71% menunjang berpikir tingkat tinggi, 29% berbasis masalah kontekstual dideskripsikan tabel kriteria kesesuaian soal yang menunjang untuk mengukur berpikir tingkat tinggi “sebagian besar” dari karakteristik soal HOTs sedangkan soal yang berbasis masalah kontekstual dideskripsikan “kurang dari setengah” dari karakteristik soal HOTs.

 

Kata-Kata Kunci: HOTs, Penilaian Akhir Semester, Karakteristik HOTs

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fasya, S., Nursinah, S., & Fahri, M. (2022). Konsep Hard Skills dan Soft Skills Guru. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 1(1), 30–33.

Ali, M. (2013). Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi. Angkasa.

Andriani, A., Supriyatman, S., & Muslimin, M. (2020). Analisis Soal Higher Order Thinking Skillss (HOTS) Bentuk Essay yang dibuat oleh Guru Fisika SMA di Kota Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(2).

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Ditbin SMA. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Isnaeni, A. (2017). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Islam Sudirman Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Nasifah, N., & Muliati, I. (2021). Analisis Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Soal UAS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MA Negeri di Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5804–5814.

Panggabean, D. R., Angreini, T., Lubis, J. R., & Ansari, K. (2019). Analisis Soal Berbasis HOTs (High Order Thinking Skillss) dalam Buku Brilian (Buku Ringkasan Materi dan Latihan) Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia II, 61–66.

Pratiwi, H. (2015). Kemampuan Guru Mata Pelajaran IPA dalam Pembuatan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kesesuaian Penulisan Soal di SMP Negeri 1 Kragan Rembang [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rifana, R., Burhanudin, D., & Septiyanti, E. (2021). Analisis Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Bahasa Indonesia dalam Ujian Sekolah Smp Negeri 4 Dumai. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(2), 121–129. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i2.1582.

Sadiah, R. L., & Hatibe, A. (2021). Analisis Soal Tipe High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Soal Ujian Akhir Semester Ganjil SMA Swasta di Kota Palu Tahun Ajaran 2019/202. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 9(2), 105–109. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft/article/view/1208.

Saregar, A, Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Cups: Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’Ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, , 5(2), 233–244.

Setiawati, W., Asmira, O, & Ariyana, Y. (2018). Buku penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skillss Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Kemendikbud.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). Karakteristik Tes Biologi Kelas 7 Semester Gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1. https://doi.org/10.23917/humaniora.v17i1.2346.

Suwarto. (2017). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 3(1), 109. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2269.

Wakhidah, N. (2018). Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 150–160. 29/05/2023http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/2950.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

nurbayti, H., Suwarto, S., & Purwanto, A. (2023). Analisis Soal HOTS Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan, 32(2), 217–226. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3803

Issue

Section

Artikel