Analisis Soal HOTS Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3803Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal dan karakteristik soal tipe HOTs ditinjau bentuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi serta berbasis permasalahan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu metode campuran atau Mixed Methods Research (MMR). deskriptif kuantitatif untuk mengetahui persentase dari hasil analisis soal dalam tipe HOTs dan LOTs yang sesuai dengan ketentuan taksonomi Bloom dan untuk mengetahui persentase dari karakteristik dari soal tipe HOTs, deskripsi kualitatif untuk menjelaskan dan memberikan makna dari data kuantitatif yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal penilaian akhir semester gasal mata pelajaran biologi kelas X tahun ajaran 2022/2023 dengan persentase sebesar 42,5% HOTs deskripsikan menurut tabel kriteria kesesuaian soal-soal berbasis HOTs “setengah” dari soal-soal penilaian akhir semester gasal mata pelajaran biologi kelas X tahun ajaran 2022/2023 berbasis HOTs serta karakteristik soal tipe HOTs dengan persentase 71% menunjang berpikir tingkat tinggi, 29% berbasis masalah kontekstual dideskripsikan tabel kriteria kesesuaian soal yang menunjang untuk mengukur berpikir tingkat tinggi “sebagian besar” dari karakteristik soal HOTs sedangkan soal yang berbasis masalah kontekstual dideskripsikan “kurang dari setengah” dari karakteristik soal HOTs.
Kata-Kata Kunci: HOTs, Penilaian Akhir Semester, Karakteristik HOTs
Downloads
References
Al Fasya, S., Nursinah, S., & Fahri, M. (2022). Konsep Hard Skills dan Soft Skills Guru. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 1(1), 30–33.
Ali, M. (2013). Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi. Angkasa.
Andriani, A., Supriyatman, S., & Muslimin, M. (2020). Analisis Soal Higher Order Thinking Skillss (HOTS) Bentuk Essay yang dibuat oleh Guru Fisika SMA di Kota Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(2).
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Ditbin SMA. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Isnaeni, A. (2017). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Islam Sudirman Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Nasifah, N., & Muliati, I. (2021). Analisis Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Soal UAS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MA Negeri di Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5804–5814.
Panggabean, D. R., Angreini, T., Lubis, J. R., & Ansari, K. (2019). Analisis Soal Berbasis HOTs (High Order Thinking Skillss) dalam Buku Brilian (Buku Ringkasan Materi dan Latihan) Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia II, 61–66.
Pratiwi, H. (2015). Kemampuan Guru Mata Pelajaran IPA dalam Pembuatan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kesesuaian Penulisan Soal di SMP Negeri 1 Kragan Rembang [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rifana, R., Burhanudin, D., & Septiyanti, E. (2021). Analisis Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Bahasa Indonesia dalam Ujian Sekolah Smp Negeri 4 Dumai. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(2), 121–129. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i2.1582.
Sadiah, R. L., & Hatibe, A. (2021). Analisis Soal Tipe High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Soal Ujian Akhir Semester Ganjil SMA Swasta di Kota Palu Tahun Ajaran 2019/202. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 9(2), 105–109. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft/article/view/1208.
Saregar, A, Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Cups: Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’Ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, , 5(2), 233–244.
Setiawati, W., Asmira, O, & Ariyana, Y. (2018). Buku penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skillss Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Kemendikbud.
Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).
Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto. (2016). Karakteristik Tes Biologi Kelas 7 Semester Gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1. https://doi.org/10.23917/humaniora.v17i1.2346.
Suwarto. (2017). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 3(1), 109. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2269.
Wakhidah, N. (2018). Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 150–160. 29/05/2023http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/2950.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.