Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Jigsaw, Dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI Gugus Pangeran Diponegoro
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2852Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran STAD dengan konvensional terhadap hasil belajar membaca teks eksplanasi, 2) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw dan STAD terhadap hasil belajar membaca teks eksplanasi siswa, 3) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar membaca teks eksplanasi, 4) apa urutan model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran kemampuan membaca teks eksplanasi. Jenis penelitian Quasi experiment. Penelitian menggunaka perlakuan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan Jigsaw, kelompok kontrol dengan konvensional, Data penelitian hasil nilai tes membaca teks eksplanasi, Teknik validasi instrumen data menggunakan alpha crombat, butir soal, teknik analisis data dengan uji anava dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan pengaruh model STAD dan konvensional hasil perbedaan mean = 7,050 signifikan = 0,009, ternyata sig = 0,009 < 0,05, maka H0 di tolak dan Ha diterima sehingga untuk STAD dan konvensional signifikan, perbedaan penerapan model STAD dan Jigsaw perbedaan mean = 1,750 signifikan = 0,247 ternyata sig = 0,247 > 0,05, maka H0 di tolak dan Ha diterima sehingga untuk STAD dan Jigsaw signifikan. Perbedaan pengaruh model Jigsaw dan konvensional perbedaan mean = 5,300 Signifikan = 0,110 ternyata ig = 0,110 > 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga untuk Jigsaw dan konvensional signifikan. Berdasarkan nilai hasil belajar urutan model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran membaca teks eksplanasi yaitu STAD, Jigsaw dan Konvensional
Kata Kunci : model STAD, model Jigsaw, Konvensional, hasil belajar membaca teks eksplanasi
Downloads
References
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa BerbasisPendidikanKarakter. Bandung: RefikaAditama.
Andyani Novita., Kundharu Saddhono., Yant Mujyanto. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Basastra: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 4(2).
Ariani, T., dan Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal): 1(2), 65-77. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.271
Asnita., Erizalgani. 2020. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII Smp Negeri 20 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 23-31.https://doi.org/10.24036/108260-019883
Emilia, E. (2012). Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru.Bandung: Riqi Press.
Esminarto., Sukowati.,Nur Suryowati., Khoirul Anam. 2016. Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual,1 (1).http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2
Farida Nugrahani.2014.Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Book
Firmansyah, F., danZaini, A. 2019. Implementasi Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V MIN Bangka Belitung Pontianak.Educare: Journal of Primary Education, 1(1), 75-84. https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.7
Hepita Meidianasari, 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode Kooperatif STAD pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V Kediri Jurnal education Vol 7 No 3 Tahun 2021
Magdalena, Maria. 2018. Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila Di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia-Medan. Jurnal Warta Edisi : 58.https://doi.org/10.46576/wdw.v0i58.389
Mahmudah Zulfatun. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V di SDN 08 Kota Bengkulu.Skripsi. Bengkulu :Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Meidianasari, H. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode Kooperatif STAD pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1061–1067.https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1335.
Mufidah, Dzakhirotul., Savira Oktarina, Elza., Puspa Mawarni, Kania., Fadhila, Susani. 2019. Pemetaan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Teks Eksplanasi. Procceding Universitas Pamulang, 1(1).
Munawaroh. 2010. Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Dengan Model Pembelajaran Jigsaw dan Model Pembelajaran STAD. Jurnal Pendidikan 1(1).
Nikmah, ErlitaHidaya, Fatchan, Achmad, danWirahayu, YuswantiAriani. 2012. Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD),
Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Malang: UniversitasNegeri Malang.
Nugroho Nurhadi Setyo. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Mesin Operasi Dasar (MMOD) di SMK N 2 Wonosari. S1 thesis, UNY.
Partana, Crys F. 2008. Kajian Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan STAD Pada Mata Pelajaran IPA Aspek Kimia Di SMP 2 Mlati Sleman. Cakrawala Pendidikan.
Sari, Else Puspita., AgusTrianto., PadiUtomo. 2020. Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3).https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100
Setiawan, Dadan., TatatHartati., Wahyusopadi. 2019. Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, And Create. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1).https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1575
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto. (2018). Statistika Pendidikan. Yogyakarta: PustakaPelajar
Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Wahyuningtiyas, Lela Tri. 2015. Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi Dengan Model Pembelajaran BerbasisMasalah Menggunakan Media Video Peristiwa Alam pada Peserta Didik Kelas VII F SMP N 1 Blora. Skripsi. Semarang :UniversitasNegeri Semarang.
Wulandari, Inayah. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17-23.https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Zulyadaini. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-coop dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1). http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v16i1.96
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.