Analisis Disposisi Keterampilan Literasi Sains Mahasiswa Melalui Pendekatan Proses Sains dan Implementasi Assesmen Kinerja

Authors

  • Ferry Irawan Universitas Musamus
  • Rival Hanip Universitas Musamus
  • Nur Zakiyah R Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i2.5064

Keywords:

Keterampilan Literasi Sains, Asesmen Kinerja, keterampilan Abad 21

Abstract

Mahasiswa harus dibekali dengan keterampilan yang menguatakn pada kemampuan memahami setiap hirarkisitas konsep dengan fenomena yang mereka hadapi. Kererampilan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa adalah keterampilan Berpikir kritis sehingga berorientasi pada kemampuan mahasiswa menyelesaikan setiap masalah. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah mengetahui disposisi keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui assesemen kinerja yang diberlakukan secara holistik.

        Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Dikembangkan tes essay dan rubrik yang terdiri dari indikator dan skala penilaian dengan interval tertentu yang divalidasi oleh validator ahli. Indikator Disposisi Keterampilan Berpikir kritis (DLS) memiliki beberapa sub indikaotr yang akan digunakan dalam proses pengumpulan data. Uji validitas dan uji realbilitas dilakukan untuk mengukur kevalidan dan nilai realibilitas soal dan instrument yang dikembangkan.

        Data yang terkumpul menjadi dasar untuk menentukan N-Gain ternormalisasi, sehingga dari data yang terkumpul Nampak perbedaan presentase nilai yang diperoleh oleh setiap kelompok. Hasil penelitian mennunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan Berpikir kritis mahasiwa yang dibuktikan dengan nilai N-gain untuk kelompok 1 adalah 0,56 sedangkan pada kelompok 2 mencapai nilai 0,36

References

Aldahmash, A. H., & Omar, S. H. (2021). Analysis of activities included in Saudi Arabian chemistry textbooks for the inclusion of argumentation-driven inquiry skills. Studies in Educational Evaluation, 68(July 2020), 100968. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100968

Anwar, C., Saregar, A., Yuberti, Y., Zellia, N., Widayanti, W., Diani, R., & Wekke, I. S. (2019). Effect size test of learning model arias and PBL: Concept mastery of temperature and heat on senior high school students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(3). https://doi.org/10.29333/ejmste/103032

Bertoncelli, T., Mayer, O., & Lynass, M. (2016). Creativity, Learning Techniques and TRIZ. Procedia CIRP, 39, 191–196. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.01.187

Dharmawan, J., & Rahayu Setyaningsih, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality Live Texturing Pada Pembelajaran Mewarnai Anak Usia Dini Di Paud Holistik Integratif El-Fath Sumenep. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 69–86. https://doi.org/10.24929/alpen.v5i2.98

Facer, K., & Sriprakash, A. (2021). Provincialising Futures Literacy: A caution against codification. Futures, 133(June), 102807. https://doi.org/10.1016/j.futures.2021.102807

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1).

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Irawan, F., Hanip, R., & Zakiyah R, N. (2024). Analisis Disposisi Keterampilan Literasi Sains Mahasiswa Melalui Pendekatan Proses Sains dan Implementasi Assesmen Kinerja . Jurnal Pendidikan, 33(2), 537–546. https://doi.org/10.32585/jp.v33i2.5064

Issue

Section

Artikel