Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Menggambar Ragam Hias

Authors

  • Achmadi Achmadi

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.802

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkankreativitas siswa dalam Menggambar Ragam Hias melalui metode inkuiri pada siswa kelas VII C UPTD SMP Negeri 2 Mojolaban Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Mojolaban yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai bulan September 2019. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam menggambar ragam hias siswa kelas VIIC UPTD SMP Negeri 2 Mojolaban Sukoharjo. Pada siklus I saat diterapkan metode inkuiri persentasekreativitas meningkat menjadi 61,5%, dengan  indikator   ketercapaian 59% karya siswa adanya pengembangan bentuk dan 64% karya siswa dengan komposisi baik, kemudian pada siklus II meningkat hingga 88% dengan indikator ketercapaian 86% karya siswa adanya pengembangan bentuk dan 90% karya siswa dengan komposisi baik.

References

Aqib,Z., Jaiyaroh, S., Diniati,E., dan Khotimah, K. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV. Yrama Widya.

Arikunto, S.,Suhardjono dan Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Sleman Yogyakarta : Insan Madani.

Haryanto, A. dan Waluyo, D. (1988). Pendidikan Seni Rupa untuk SMP. Surabaya: Penerbit CV. al-ihsan.

Munandar,U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nurhadi, Yasin,B., & Senduk,A.G. (2004). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suwandi, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta : Yuma Pressindo.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik:

Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2020-08-02

How to Cite

Achmadi, A. (2020). Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Menggambar Ragam Hias. Jurnal Pendidikan, 29(2), 159–168. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.802

Issue

Section

Artikel