Relevansi Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Hilanglah Si Anak Hilang Karya Nasjah Djamin dengan Silabus SMA
DOI:
https://doi.org/10.32585/kawruh.v5i1.2343Keywords:
Pendidikan Karakter, Novel, Hilanglah Si Anak Hilang, Nasjah Djamin, Silabus SMAAbstract
Penelitian ini adalah upaya untuk mengeksplanasi nilai pendidikan karakter novel “Hilanglah Si Anak Hilang” (selanjutnya disebut PKNHSAH) dan relevansinya pada silabus Bahasa Indonesia SMA. Paradigma penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Hilanglah Si Anak Hilang karya Nasjah Djamin. Data penelitian adalah nilai pendidikan karakter pada setiap bagian-bagian novel yang terdiri atas 10 bagian. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Novel “Hilanglah Si Anak Hilang” karya Nasjah Djamin ditemukan 18 nilai karakter. PKNHSAH didominasi dengan nilai karakter jujur dan cinta damai. Keseluruhan hasil analisis novel dari 10 bagian novel yang ditemukan 25 nilai-nilai karakter yang dapat direlevansikan pada silabus pendidikan SMA. Terdapat nilai karakter dalam kompetensi inti silabus Bahasa Indonesia SMA yang tidak terdapat dalam nilai pendidikan karakter menurut Kemendiknas 2010 yaitu nilai santun, gotong royong, kerja sama, responsif, pro-aktif, dan efektif. Implikasi penting penelitian ini adalah nilai PKNHSAH diharapkan dapat memberi dedikasi serta kontribusi positif dalam dunia pendidikan, sarana untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan tentang kesastraan, khususnya karya sastra tulis. Kemudian, bagi para pendidik dan pelajar, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan pembelajaran karakter berbudi pekerti luhur yang berkesinambungan, terwujudnya keberhasilan pendidikan, hingga generasi emas pada masa yang akan datang.Downloads
References
Creswell, John W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. New Delhi: Sage Publications, Inc.
Denzin, Norman K., and Yvonna S. Lincoln. (2011). “The Sage Handbook Of Qualitative Research 1.” In The Sage Handbook Of Qualitative Research 1, edited by Norman K. Denzin & Yvonna S. Lincoln, edisi 1, 50–65. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamin, Nasjah. (1963). Hilanglah Si Anak Hilang. Bukit Tinggi: NV Nusantara.
Endraswara, Suwardi. (2003). Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, Dan Aplikasi. Jakarta: CAPS.
___. (2011). Metodologi Penelitian Sastra. Jakarta: Kav Maduskimo.
Jassin, H.B. (1983). Pengarang Indonesia Dan Dunianya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Juliani, Asarina Jehan, and Adolf Bastian. (2021). “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila,” 257–65.
Nurhuda, Teguh Alif, Herman J. Waluyo, and Suyitno Suyitno. (2018). “Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami Serta Relevansinya Pada Pembelajaran Sastra Di SMA.” Jurnal Ilmiah Didaktika 18 (1): 103. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3090.
Pamungkas, Onok Yayang. (2021). Eko-Sufisme Jawa: Representasi Ekokritik Dalam Sastra. Yogyakarta: Lintas Nalar.
Primasari, D., S. Suyitno, and M. Rohmadi. (2016). “Analisis Sosiologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Pulang Karya Leila S. Chudori Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra Di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya 4 (1): 50–64.
Ratna, I Nyoman Kutha. (2013). Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra. Cetakan XI. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sulistyo, Wahyu Djoko, and Onok Yayang Pamungkas. (2020). “Pemanfaatan Situs Sejarah Peradaban Islam Di Kota Malang Sebagai Aktivitas Belajar Untuk Menanamkan Nilai Karakter.” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya 10 (1): 1. https://doi.org/10.25273/ajsp.v10i1.5095.
Suparlan, Henricus. (2015). “Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia.” Jurnal Filsafat 25 (1): 57–74.
Suwardani, Ni Putu. (2021). “Quo Vadis” Pendidikan Karakter Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información. Denpasar: UNHI Press.
Suyitno. (2009). Apresiasi Puisi Dan Prosa. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.
Widodo, Sahid Teguh. (2011). “Etnohidrolika: Pendidikan Air Dan Lingkungan Berbasis Budaya.” Jantra VI (12): 109–15.
Youpika, Fitra, and Darmiyati Zuchdi. (2016). “Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu Dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra.” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1: 48–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10731.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.