Realisme Magis dalam Novel Sang Nyai 3 Karya Budi Sardjono

Authors

  • Onok Yayang Pamungkas Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Silmi Zulaikha Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Diah Ana Khusnul Khotimah

DOI:

https://doi.org/10.32585/kawruh.v4i2.2342

Keywords:

Sang Nyai 3, Realisme magis, Novel, Sastra, Budi Sardjono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplanasi Novel Sang Nyai 3 dalam perspektif realisme magis. Paradigma penelitian adalah kualitatif. Data penelitian adalah teks wacana Novel Sang Nyai 3 yang mengandung unsur realisme magis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi realisme magis dalam Novel Sang Nyai 3 mengisahkan kehidupan sosial Jawa dengan berbagai fenomena transendental magis. Unsur magis dalam novel terbagi dalam tiga, yaitu 1) karakteristik elemen tak tereduksi; 2) dunia fenomenal; 3) dirupsi waktu, ruang, dan identitas. Novel Sang Nyai 3 terpengaruh kulkur Jawa dan literatur klasik. Implikasi penelitian adalah bahwa sastra merupakan salah satu media untuk pelestarian mitos dari kultur tertentu.


References

Aldea, Eva. (2012). Magical Realism and Deleuze: The Indiscernibility of Difference in Postcolonial Literature (Review). The Comparatist. Vol. 36. https://doi.org/10.1353/com.2012.0005.

Bowers, Maggie Ann. (2004). Magic(Al) Realism: The New Critical Idiom. London and New York: Routledge. http://mey.homelinux.org/companions/Maggie Ann Bowers/Magic(al) Realism (801)/Magic(al) Realism - Maggie Ann Bowers.pdf.

Chang, Yuan-chin. (2016). “Magic Realism, Neurodiversity, and Carnivalesque in James McBride’s Song Yet Sung.” International Journal of Comparative Literature and Translation Studies 4 (2): 1–4. https://doi.org/10.7575/aiac.ijclts.v.4n.2p.38.

Creswell, John W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. New Delhi: Sage Publications, Inc.

Endraswara, Suwardi. (2003). Mistik Kejawen: Sinkretisme, Simbolisme, Dan Sufisme Dalam Budaya Spiritual Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Faris, Wendy. (2002). “The Question of the Other: Cultural Critiques of Magical Realism.” Janus Head 5 (2): 101–19.

Faris, Wendy B. (2004). Ordinary Enchantments Magical Realism and the Remystifi Cation of Narrative. Nashville: Vanderbilt University Press.

Geertz, Clifford. (2013). Agama Jawa: Abangan, Santri, Priyayi. Depok: Komunitas Bambu.

Heriyanto, Husain. (2019). “Spiritualitas, Transendensi Faktisitas, Dan Integrasi Sosial.” Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 16 (2): 145. https://doi.org/10.18592/khazanah.v16i2.2384.

Irwin, Lee. (2020). “Supernal Dreaming: On Myth and Metaphysics.” Religions 11 (11): 1–25. https://doi.org/10.3390/rel11110552.

Mossner, A.W. Von. (2019). “Why We Care about (Non)Fictional Places: Empathy, Character, and Narrative Environment.” Poetics Today 40 (3): 559–77. https://doi.org/10.1215/03335372-7558150.

Mulia, Sandra Whilla. (2004). “Realisme Magis Dalam Novel Simple Miracles Doa Dan Arwah Karya Ayu Utami.”

Pamungkas, Onok Yayang. (2021). Eko-Sufisme Jawa: Representasi Ekokritik Dalam Sastra. Yogyakarta: Lintas Nalar.

Pamungkas, Onok Yayang, Sahid Teguh Widodo, Suyitno, and

Suwardi Endraswara. (2019). “Environmental Wisdom: An Observation of Ecocriticism towards the Javanese Cyber Literature in 20th Century.” Intenational Journal of Advanced Science and Technology 28 (10): 46–60. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/981.

Ratna, I Nyoman Kutha. (2013). Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra. Cetakan XI. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rhoziqin, Ahmad, and Budi Tri Santosa. (2020). “Unsur Realisme Magis Dalam Cerpen In The Dark.” Prosiding Seminar Nasional Unimus 3: 247–54.

Rofiah, and Deny Sulistiyo. (2019). “Analisis Konflik Tokoh Utama Novel Sang Nyai 3 Karya Budi Sardjono Dan Hubungannya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA.” IKIP PGRI Bojonegoro.

Sardjono, Budi. (2018). Sang Nyai 3. Yogyakarta: Diva Press.

Setiawan, Fredy Nugroho, M Andhy Nurmansyah, Rizki Nufiarni, and

Scarletina Vidyayani Eka. (2018). “Manifestasi Kearifan Ekologis Dalam

Ritual ‘Karo’ Dan ‘Kasada’: Sebuah Perspektif Ekokritik.” Atavisme 21 (2): 209. https://doi.org/10.24257/atavisme.v21i2.455.209-223.

Sholichah, Imro’atus. (2020). “Realisme Magis Wendy B . Faris Dalam Novel Maddah Karya Risa Saraswati.” Bapala 7 (1): 1–9.

Stake, Robert E. (2010). Qualitative Research: Studying How Things Work. London and New York: The Guilford Press.

Valikova, O. (2018). “Creativity in the Context of Kazakh Prose: Why Masks Wonder around | Kūrybiškumas Kazachų Prozos Kontekste: Kodėl Kaukės Kelia Susidomėjimą.” Creativity Studies 11 (2): 244–57. https://doi.org/10.3846/cs.2018.6172.

Widijanto, Tjahjono, Herman J. Waluyo, Suyitno, and Suminto A.

Sayuti. (2020). “Ramayana Myth

Retold in Hubbu and Kitab Omong Kosong.” Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities 12 (1): 1–12. https://doi.org/10.21659/rupkatha.v12n1.28.

Zulkarnain, Jaka Ahmad, and Wiyatmi. (2018). “Dekonstruksi Femininitas Dalam Novel-Novel Karya Eka Kurniawan: Dari Pekerjaan Sampai Kecantikan.” Jurnal POETIKA 6 (2): 109–21. https://doi.org/10.22146/poetika.40188.

Published

2022-10-31

How to Cite

Pamungkas, O. Y., Zulaikha, S., & Ana Khusnul Khotimah, D. (2022). Realisme Magis dalam Novel Sang Nyai 3 Karya Budi Sardjono. Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture, 4(2), 69–75. https://doi.org/10.32585/kawruh.v4i2.2342

Issue

Section

Artikel