Analisis Produktivitas Excavator Dan Dumptruck Pada Pekerjaan Galian Tanah Pada Proyek Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan

Authors

  • Muammar Efriansyah Politeknik Negeri Jakarta
  • Nuzul Barkah Prihutomo Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta
  • Edy Pramono Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/modulus.v4i1.1823

Abstract

Banyaknya penggunaan alat berat pada proyek pembangunan Jalan tol Jakarta – Cikampek 2 selatan paket 3 tentunya akan memperbesar biaya pelaksanaan pekerjaan. Agar dapat mengetahui biaya dan jumlah alat yang digunakan pada saat proses pekerjaan galian dimana saat excavator bekerja melayani dumptruck, maka perlu dilakukan peninjauan kembali secara khusus baik dari segi jumlah alat yang digunakan maupun besarnya biaya pelaksanaan. Oleh karna itu dilakukan penelitian mengenai analisis produktivitas, waktu, dan biaya excavator dan dumptruck. Metode analisis ini dilakukan dengan cara membandingkan keadaan lapangan dengan perhitungan Teoritis dengan cara menghitung produktivitasnya , lama waktu kerjanya, dan biaya pekerjaan. Dari hasil penelitian didapatkan adanya keterlambatan sebesar 3 hari untuk Excavator dan Dumptruck, Dalam keadaan jumlah unit alat berat sama banyak antara Teoritis penggunaan alat dengan pelaksanaannya dilapangan yaitu satu unit Excavator dan dua unit Dumptruck, kemudian terdapat kekurangan produktivitas untuk Excavator sebesar, 82.21  dan Dumptruck sebesar, 25.95 . Serta didapatkan adanya kerugian sebesar  Rp. 55,124,237 atau sebesar 6 % dalam persentase pada pekerjaan galian tanah. Setelah diketahui adanya keterlambatan dan kerugian, lalu melakukan analisis penentuan alat berat efektif, didapat kombinasi alat efektif terdapat pada alternatif 2 yang mana lebih cepat 19 hari dari Lapangan, lalu dengan biaya pekerjaan alat berat sebesar  Rp. 733,543,888 atau adanya penurunan sebesar 26% yang didapatkan dari perhitungan rasio.

 

Kata kunci: Biaya, Dumptruck dan Excavator, Produktivitas, Waktu

References

Benedict Y. F., (2020). Optimasi Penggunaan Alat Berat Pada Pekerjaan Timbunan Tanah Dengan Program Linier, Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Politeknik Negeri Jakarta, 7 - 8.

Djurindar H. P., dkk., (2018). Analisis Produktivitas kombinasi alat berat pada pekerjaan pemindahan tanah proyek pembangunan Gedung kuliah fakultas hukum UII, Jurnal UII, 2 – 3

Dian F., & Zakia (2018). Analisis Produktivitas dan Waktu penggunaan alat berat Excavator pada pekerjaan galian tanah, Jurnal lemlit trisakti, 124.

Fadli A (2018). Analisis penggunaan ala berat pada pekerjaan galian tanah pembangunan masjid Al muhandis di Politeknik Negeri Balikpapan, Jurnal smd, 3 – 4

Ida Fitri (2019). Analisis Produktivitas, Biaya Dan Waktu Penggunaan Alat Berat Excavator Dan Dump Truck Pada Pekerjaan Galian Tanah Studi Kasus : Proyek Penggantian Jembatan Sungai Berangas, Jurnal Uniska, 2 & 9.

Kementerian PUPR. Lampiran Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 28/PRT/M/2016 (2016) Tentang Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum, Indonesia, 1(1), 1 - 8.

Kalengkongan B. B., (2020). Analisis perhitungan produktivitas alat berat pada pekerjaan pematangan lahan pembangunan tower sutet Likupang – Paniki, Jurnal Sipil Statik, 100 – 101.

Kholil, Ahmad (2012). Alat Berat. Bandung ITB : Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto (2018). Prediksi produktivitas kerja pada pekerjaan tanah dan pondasi bangunan tak bertingkat, Jurnal Bangunan, 21-22.

Wilopo, Djoko (2011). Metode Konstruksi Dan Alat Berat. Jakarta: Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2022-06-07

Issue

Section

Artikel