PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREADMEN INTERACTION ( ATI ) DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Anhar Kurniawan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/absis.v2i2.1269

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Aptitude Treadmen Interaction ( ATI ) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatipurno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Jatipurno Kabupaten Wonogiri semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan subjek siswa kelas VIII dan objek aktifitas belajar dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data observasi, angket, dokumentasi hasil belajar. Keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi. Model Pembelajaran Aptitude Treadmen Interction ( ATI ) dengan proses diskusi dengan beberapa kelompok belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah (1.) Terdapat peningkatan aktifitas belajar siswa sehingga berpengaruh dalam proses pembelajaran, (2.) hasil belajar siswa juga terdapat peningkatan yang signifikan.

References

Abu Bakar, Ardiansyah, Nursalam Nursalam, and Mardhiah Mardhiah. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Ukuran Kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Di Kec. Pattallassang Kab. Gowa.” MaPan; ISSN: 23546883. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a4.

Aedi, Weni Gurita. 2018. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended.” Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia(JPMI); p-ISSN: 2477-5967 e-ISSN: 2477-8443 3 (2): 41–46.

Anggo, Mustamin, Mohammad Salam, Suhar, and Yulsi Santri. 2014. “Strategi Metakognisi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 5 (1): 84–91. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.1995.

Bachtiar, Suhaedir. 2017. “Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Meningkat Melalui Penerapan Model Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Meningkat Melalui Penerapan Model Jigsaw.” Jurnal Biologi & Pembelajarannya, ISSN: 2406-8659 4 (1): 26–33.

Bangun, Darwin. 2012. “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Penggunaan Waktu Belajar Di Rumah Dengan Prestasi Belajar Ekonomi.” Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan; ISSN: 1829-8028. https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.604.

Dwiningrum, Sayekti, and Ikrar Pramudya. 2016. “Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali.” Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika; ISSN: 9786026122209.

Febriani, Putri Siti, and Alit Sarino. 2017. “Dampak Cara Belajar Dan Fasilitas Belajar Dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal MANAJERIAL; ISSN: 1412-6613. https://doi.org/10.17509/manajerial.v16i1.10584.

Fitri, Irma. 2017. “Self Efficacy Terhadap Matematika Melalui Pendekatan Aptitude Treatment Interaction.” Jurnal Review Pembelajaran Matematika. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.167-175.

Herlina. 2015. “Pengaruh Pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Pekanbaru.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar; ISSN: 2303-1514. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v4i1.2726.

Hidajat, Djatmiko, Siti Maghfirotun Amin, and Yusuf Fuad. 2018. “Implementation of Lesson Study in Mathematics Learning Based on Student Cognitive Style.” Prosiding Atlantis Press, ISSN: 2352-5401, ISBN: 978-94-6252-593-1, Doi: 10.2991/Icase-18.2018.23, Vol. 175 175 (Icase): 84–87.

Hidajat, Djatmiko, Andhika Ayu Wulandari, and Dewi Susilowati. 2018. “Pengaruh Penggunaan Miniatur Mobil Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Edudikara, ISSN: 2541-0261 3 (1): 14–22.

Kiswanto, Ulfiani Rahman, and Sri Sulasteri. 2015. “Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Geometri Ditinjau Dari Kepribadian Sensing Dan Intuition Pada Siswa Kelas IX SMP N 33 Makassar.” MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran; ISSN: 2581-172X.

Kurniawan, Didik, and Dhoriva Urwatul Wustqa. 2014. “Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika; ISSN: 2356-2684. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674.

Lestari, Witri. 2017. “Pengaruh Kemampuan Awal Matematika Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Analisa; ISSN: 2549-5135. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499.

Masni, Masni. 2019. “Pengaruh Bakat Numerik Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Langsa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi; ISSN: 2579-9185. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v2i2.794.

Nurhidayah, D. A. 2015. “Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMP.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v3i2.83.

Rachman, Rizal, and Amirul Mukminin. 2018. “Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat Dan Bakat Siswa SD.” Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika; ISSN: 2621-038X. https://doi.org/10.23917/khif.v4i2.6828.

Sawiji, Hery, Trisno Martono, and Ridaul Inayah. 2013. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri.” Jurnal Pendidikan Insan Mandiri.

Sembiring, Rosali Br, and . Mukhtar. 2013. “Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP); ISSN: 1979-6692. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996.

Styawan, Sili Wijak, Dewi Susilowati, and Andhika Ayu Wulandari. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” ABSIS: Mathematics Education Journal 1 (1). https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.308.

Subianto, Jito. 2013. “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam; ISSN: 1907-7254. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.

Supardi, A. 2014. “Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar.” Jurnal Pendas; ISSN: 2354-9580. https://doi.org/10.30659/pendas.1.2.161=167.

Tamara, Riana Monalisa. 2016. “Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMA Negeri Kabupaten Cianjur.” Jurnal Geografi Gea; ISSN: 1412-0313. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3467.

Widayanti, Lilis. 2016. “Deskripsi Level Kemampuan Siswa SMP Dengan Tipe Kepribadian Cenderung Introvert Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.” Jurnal Edukasi; ISSN: 2443-0455.

Downloads

Published

2021-03-19

How to Cite

Kurniawan, A. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREADMEN INTERACTION ( ATI ) DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Absis: Mathematics Education Journal, 2(2), 61–67. https://doi.org/10.32585/absis.v2i2.1269