PENGEMBANGAN GAME BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.431Abstract
Faktor lain yang menyebabkan nilai anak menjadi rendah adalah kemajuan teknologi. Pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi di era digital seperti saat ini, orang tua diharapkan lebih selektif dalam memperhatikan anak dalam penggunaan alat teknologi seperti gadget dan sejenisnya, penggunaan gadget berupa smartphone berbasis android bisa dioptimalkan sebagai media serta sumber belajar bagi siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan game berbasis android serta untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada siswa yang berkemampuan akademis rendah, serta peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan game berbasis android.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D). Model yang akan digunakan adalah Hannafin dan Peck, alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar validasi media menurut ahli media dan materi serta angket minat belajar siswa sebelum dan setelah digunakan media games tik tak boom.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; a) media games tik tak boom berkategori layak untuk digunakan sebagai media belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat; b) minat belajar siswa belajar matematika terjadi peningkatan sebesar 92% setelah menggunakan media games tik tak boom.Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Absis: Mathematics Education Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.