Meningkatkan Kedisiplinan Masuk Kelas melalui Layanan Konseling Behavioristik
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v4i1.2260Keywords:
BehavioristikAbstract
Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dilakukan dengan tujuan untuk mengubah perilaku siswa indisipliner menjadi disiplin masuk kelas melalui konseling behavioristik bagi siswa kelas XI.AKL.4 semester I SMK Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki kebiasan indisiplin masuk kelas. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perrencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Dalam penelitian ini, data primer dikumpulkan dengan teknik observasi, sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, karena sebagian besar data berupa uraian deskriptif tentang jumlah atau frekuensi kemunculan indisiplin klien masuk kelas.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan konseling behavioristik dengan metode analisis pengubahan tingkah laku, dapat meningkatkan perilaku indisiplin masuk kelas menjadi disiplin. Pada kondisi awal frekuensi indisiplin datang ke sekolah 6 kali, pada siklus I menurun menjadi 2 kali atau tingkat penurunannya sebesar 66,67%, siklus II menjadi 0 (nol) atau menjadi disiplin sehingga menurun sebesar 100%. Sedangkan indisiplin masuk kelas pada kondisi awal sebanyak 4 kali, pada siklus I menjadi tidak pernah terlambat atau tingkat penurunannya sebesar 100%.
Kata Kunci : Kedisiplinan Masuk Kelas, Konseling Behavioristik.
Downloads
References
Behavioristik
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.