Meningkatkan Kedisiplinan Masuk Kelas melalui Layanan Konseling Behavioristik

Authors

  • Budi Is Isnanik SMK N 1 Sragen

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v4i1.2260

Keywords:

Behavioristik

Abstract

Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dilakukan dengan tujuan untuk mengubah perilaku siswa indisipliner menjadi disiplin masuk kelas melalui konseling behavioristik bagi siswa kelas XI.AKL.4 semester I SMK Negeri 1  Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki kebiasan indisiplin masuk kelas. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perrencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.

Dalam penelitian ini, data primer dikumpulkan dengan teknik observasi, sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, karena sebagian besar data berupa uraian deskriptif tentang jumlah atau frekuensi kemunculan indisiplin klien masuk kelas.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan konseling behavioristik dengan metode analisis pengubahan tingkah laku, dapat meningkatkan perilaku indisiplin masuk kelas menjadi disiplin. Pada kondisi awal frekuensi indisiplin datang ke sekolah 6 kali, pada siklus I menurun menjadi 2 kali atau tingkat penurunannya sebesar 66,67%, siklus II menjadi 0 (nol) atau menjadi disiplin sehingga menurun sebesar 100%. Sedangkan indisiplin masuk kelas pada kondisi awal sebanyak 4 kali, pada siklus I menjadi tidak pernah terlambat atau tingkat penurunannya sebesar 100%.   

 

Kata Kunci : Kedisiplinan Masuk Kelas, Konseling Behavioristik.

References

Behavioristik

Published

2022-08-22

Issue

Section

Artikel