PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH APEL RED DELICIOUS DI ARENA BUAH MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.32585/ags.v7i2.3821Abstract
Apel Red delicious salah satu buah yang konsumsinya cukup tinggi dan populer
di NTB khususnya di Kota Mataram. Area tempat perbelanjaan buah yang cukup
popular di Kota Mataram adalah di Arena Buah yang dekat dengan pusat perbelanjaan.
Arena buah memiliki 12 pedagang buah dan sebanyak 9 pedagang buah yang berjualan
buah apel. Para konsumen buah Apel red delicious memiliki selera dan alassan yang
berbeda-beda dalam memutuskan pembeliannya. Begitu juga dengan para pedagang
disana memiliki strategi pemasaran yang beragam. Salah satu teori modern strategi
pemasaran yang sering digunakan yaitu strategi bauran. Variabel bauran pemasaran
(mix marketing) yang terdiri dari strategi produk, harga, promosi, dan tempat, secara
teori bauran pemasaran dianggap dapat membantu pasar mencapai tujuan pemasaran
pada pasar yang ditargetkan. Sehingga dalam penelitian ini membuktikan ada tidaknya
pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian buah apel red delicious di
Arena buah Mataram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua hipotesis
dapat diterima, dalam kasus ini variabel bauran pemasaran produk dan harga tidak
berpengaruh signifikan, variabel harga dan tempat tidak berpengaruh secara signifikan.
Downloads
References
Adnan. 2018. Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu
Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis. 7(2).
Bacik ,R., Gburova, J., Mikula, B. 2018. Price and Discounts as Dominant Factors of
a Marketing Mix Acting on the Purchasing Decision of a Slovak Consumer.
Journal of Applied Economic Sciences Vol. 13: 655-662.
Badan Pusat Statistik. 2022. Perkembangan Konsumsi Buah-Buahan di Indonesia
-2021. BPS, Jakarta.
Baskara, M. 2010. Pohon Apel Itu Masih (Bisa) Berbuah Lebat. Majalah Ilmiah
Populer Bakosurtanal. Ekspedisi Geografi Indonesia. Jawa Timur.
Basu, S., Irawan. 2013. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Buchari, A. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.
Engel, Et al. (2010). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 1. Binarupa Aksara.
Jakarta.
Fajri, A. 2011. Budidaya Apel (Malus domestica). http://ragam
usahapertanian.blogspot.co.id/2011/11/budidaya-apel.html [20 November
.
Ghozali, Dkk. 2017. Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi
menggunakan program WarpPLS 5.0. Edisi ke-3. Badan Penerbit Universitas
Diponogoro. Semarang.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi
. Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hair, J., Sarstedt, M., Hopkins, L., & G. Kuppelwieser, V. 2014. Partial least squares
structural equation modeling (PLS-SEM) An emerging tool in business
research. European Business Review 26(2): 106-121.
Hartono, J. M., dan Abdillah W., 2014. Konsep Aplikasi PLS (Partial Least Square)
untuk penelitian empiris. EdisiPertama. Cetakan Kedua. BPFE. Yogyakarta
Kotler, P dan Amstrong, G. 2018. Prinsip-prinsip Marketing. Edisi Ke Tujuh.
Erlangga. Jakarta.
Kotler, P., Armstrong, G. 2016. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1 Edisi Kesembilan.
Erlangga. Jakarta.
Kotler, P., Armstrong, G. 2016. Prinsip Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi 13. Erlangga.
Jakarta.
Kotler, P., Keller, K.L. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Alih bahasa: Bob
sabran, MM. Erlangga. Jakarta.
Kumbara, V.B. 2021. Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian:
Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu
Manajemen Terapan 2(5): 604-630.
Laksana, M. F. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. CV Al Fath Zumar.
Skabumi.
Latan, H. 2013. Model Persamaan Struktural Teori dan Implementasi. Bandung: CV.
Alfabeta.
Nasution, A.E., Putri, L.P., Lesmana, M. 2019. Analisis Pengaruh Harga, Promosi,
Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional
Kewirausahaan 1(1): 194-199.
Pete, J.P., Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan.
Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Peter, J.P., Olson, Jerry, C. 2000. Terjemahan DamosSihombing. Consumer Behavior.
Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 4 jilid 4. Erlangga. Jakarta.
Purwohandoko. 2009. Pengaruh Tangible Resource Perusahaan Terhadap Kinerja
Perusahaan Air Minum dalam Kemasan (AMDK) di Wilayah Sidoarjo. Jurnal
Manajemen Dan Kewirausahaan 11(2): 134–143.
Putri, F. P. 2015. Pengaruh Pengetahuan Auditor, Pengalaman Auditor, Kompleksitas
Tugas, Locus of Control dan Tekanan Ketaatan Terhadap Audit Judgment
(Studi Kasus Pada Perwakilan BPKP Provinsi Riau). Jom FEKON 2(2): 1-15.
Putro, S. W. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap
Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden. Jurnal
Strategi Pemasaran 2(1): 1-9.
Rasoolimanesh, S.M. 2022. Discriminant Validity Assessment In PLS-SEM: A
Comprehensive Composite-Based Approach. Data Analysis Perspectives
Journal 3(2): 1-8.
Samsul, Ramli. 2013. Bacaan Wajib Para Praktisi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
Visi Media Semarang: BP Universitas Diponegoro. Jakarta.
Sholihin, M., dan Ratmono, D. 2013. Analisis SEM-PLS dengan Warp PLS 3.0 untuk
Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Penerbit Andi Offset.
Yogyakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Bandung.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alphabet.
Bandung.
Suryana, D. 2018. Manfaat Buah: Manfaat Buah-buahan. Dayat Suryana
Tjiptono F. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi ke-2. (ID): Andi. Yogyakarta.
Wong, D.L. 2012. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong (6 ed.). EGC. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.