ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK COKELAT MONGGO DI KOTAGEDE, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32585/ags.v3i2.548Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen Cokelat Monggo serta rekomendasi strategi yang tepat untuk meningkatkan kepuasan konsumen produk Cokelat Monggo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Pengambilan lokasi penelitian secara sengaja. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskripstif, metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil perhitungan Costumer Satisfaction Index (CSI), tingkat kepuasan konsumen produk Cokelat Monggo yaitu sebesar 76.93% yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan konsumen sudah merasa puas. Alternatif strategi pemasaran yang direkomendasikan yaitu pada strategi produk, pencantuman informasi kandungan gizi disetiap varian produk Cokelat Monggo. Alternatif strategi distribusi yang dapat dilakukan adalah menyediakan prasarana penjualan atau display. Alternatif strategi harga yang disarankan adalah membuat promosi harga produk Cokelat Monggo. Alternatif strategi promosi yang dapat dilakukan menjadi sponsor kegiatan tertentu dan metode Word of Mouth (WOM). Peningkatan layanan informasi dapat dilakukan dengan membuat menu khusus untuk kritik dan saran, memperjelas akun resmi Cokelat Monggo disetiap produk maupun iklan dan promosi serta memperbaharui data website.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Additional Files
Published
2020-01-13
How to Cite
Kusumowardhani, R. T. (2020). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK COKELAT MONGGO DI KOTAGEDE, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), 133–140. https://doi.org/10.32585/ags.v3i2.548
Issue
Section
Artikel