PERSEPSI UMKM TERHADAP PEMANFAATAN E-COMMERCE e-SIATIK (ternakitik.com) DI KABUPATEN BREBES
DOI:
https://doi.org/10.32585/ags.v4i2.891Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi UMKM terhadap perancangan website E-commerce E-siatik (ternakitik.com) di Kabupaten Brebes. Data penelitian dibagi menjadi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan 40 responden pemilik UMKM dan data sekunder diperoleh dari literatur yang mendukung bagi penelitian ini. Penelitian dilakukan dengan metode survei dengan pengambilan data menggunakan teknik random sampling. Analisis data menggunakan skala likert dengan bantuan instrumen penelitian berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap perancangan website E-commerce E-Siatik tergolong baik dengan indeks sebesar 73,13%. Penggunaan media e-siatik menjadi harapan baru bagi para pelaku UMKM untuk memperluas jangkauan pemasaran dan menghemat biaya promosi yang harus dikeluarkan.
Kata kunci: , e-siatik, persepsi, ternakitik.com, UMKM
Downloads
References
Ardyanto, D., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen www.petersaysdenim.com). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(1), 1–8.
BPS. (2019). Kabupaten Brebes dalam Angka 2019.
Ediset, & E, H. (2020). Posisi Status Sosial Ekonomi Peternak Sapi Potong dalam Proses Adopsi Bioteknologi Reproduksi di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Jurnal Peternakan Indonesia 22(1), 56–65.
Febriantoro, W. (2016). Kajian dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi UMKM di Indonesia. Manajerial, 3(5), 184–207.
Fida, A., & Widyaningsih, A. (2017). Persepsi Wajib Pajak Mengenai Penerapan E-Faktur terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Proceedings Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainable Business Practise, 884–894.
Firmansyah, A. (2017). Kajian Kendala Implementasi E-Commerce di Indonesia *. Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi, 8(2), 127–136.
Harisno, & Pujadi, T. (2009). E-Business dan E-Commerce sebagai Trend Taktik Baru Perusahaan. CommIT, 3(2), 66–69.
Klasibin, J. A., Pakasi, C. B. D., & Talumingan, C. (2018). Persepsi Masyarakat terhadap Dampak Sosial Ekonomi dari Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT Henrison Inti Persada Kabupaten Sorong Papua Barat. Agri-Sosioekonomi, 14(1), 321–334. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Lukito, I. (2017). Tantangan Hukum dan Peran Pemerintah dalam Pembangunan E-Commerce. JIKH, 11(3), 349–367.
Nagapa, Y., Rumagit, G. A. Y., & Pakasi, C. B. D. (2019). Persepsi Petani Sayuran Kubis, Petsai dan Wortel terhadap Pestisida Organik di Kelurahan Kakaskasen III Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon. Agri-Sosioekonomi, 15(2), 331–340.
Pratama, R. D., Suyadi, I., & Susilo, H. (2014). Persepsi User terhadap Desain Website eCommerce (Studi Pada Pengguna Website JKM Store ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 1–6.
Romla, S., & Ratnawati, A. (2018). Keputusan Pembelian E-Commerce Melalui Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web. EKOBIS, 19(1), 59–70.
Saflianda, S., Putra, C., Indraningrat, K., & Halim, A. (2017). Persepsi Mahasiswa Terhadap E-commerce melalui Facebook di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Students Perception Toward E-Commerce Through Facebook In Sumbersari Subdistrict District Of Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 72–78.
Seprina, I., Suroyo, H., & Komalasari, D. (n.d.). Pengaruh Efektivitas Penggunaan E-Commerce pada Peningkatan Motivasi Berwirausaha pada Siswa SMK Bina Jaya Palembang. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika Dan Komputer, 8(2), 90–96.
Sofian, S. (2017). Penerapan Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web ( Studi Kasus Untuk Vendor Pernikahan ). JITEKH, 6(2), 52–57.
Yusuf, N. H., Rengkung, L. S., & Ribka M Kumaat. (2018). Kajian Persepsi Konsumen terhadap Usaha Nasi Kuning Saroja di Kota Manado. Agro-Sosioekonomi Unsrat, 14(2), 57–66. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004