Pelatihan Drama Musikal bagi Guru Sekolah Minggu

Authors

  • Karolus Budiman Jama Universitas Nusa Cendana
  • Margaretha Pula. E Djokaho Universitas Nusa Cendana
  • Isabel Coryunitha Panis Panis Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.32585/educate.v2i2.3289

Keywords:

pelatihan, drama, musical

Abstract

Mencerdaskan generasi penerus bangsa bukan hanya urusan pemerintah, akan tetapi urusan semua pihak termasuk gereja. Demikian juga dengan pengembangan seni untuk pertumbuhan karakter. Gereja memiliki akses yang cukup untuk memanfaatkan seni sebagai media dalam menumbuhkan karakter positif bagi anak-anak. Salah satu bidang seni yang dapat menumbuhkan karakter positif adalah drama musikal. Pelatihan drama musikal bagi guru-guru sekolah minggu di gereja Marturia Oetete Kabupaten Kupang adalah salah satu cara dalam menjawab kebutuhan dan persoalan mitra berkaitan dengan aktivitas sekolah minggu yang dilakukan secara klasikal. Pelatihan drama musical ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu, (1) membuat kerangka cerpen, (2) memperbaiki naskah cerpen, (3) mengonversi naskah cerpen menjadi naskah drama, (4) menggarap lagu dan mengaransemen musik, (5) melakuka latihan dan perekaman, dan (6) pementasan. Setiap bagian ini dilakukan evaluasi dan perbaikan sehingga memeroleh bentuk final untuk dijadikan model pelatihan drama musical. Dengan demikian model ini dapat dijadikan pendekatan dalam mengajar sekolah minggu bagi anak-anak sekolah minggu.

References

Awuy, Tommy. F. 1999. Teater Indonesia: Konsep, Sejarah, Problema. Dewan Kesenian Jakarta: Jakarta.

Djohan. 2006. Terapi Musik: Teori dan Aplikasi. Galangpress: Yogyakarta.

Djohan. 2010. Respons Emosi Musikal. Lubux Agung: Bandung.

Harymawan, RMA. 1986. Dramaturgi. Sanata Dharma: Yogyakarta.

Hamzah, A, Adjib.1985. Pengantar Bermain Drama. CV Rosda: Bandung

Iskandar, Eddy. D. 1999. Panduan Praktis Menulis Skenario. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Unesa University Press.

Lerik, Mariana. Dinah. Ch. 2006. Pengaruh Terapi Musik Terhadap Depresi. Lembaga Penelitian Universitas Nusa Cendana: Kupang.

Mack, Dieter. 2004. Musik Kontemporer & Persoalan Interkuktural. ARTI

McNeill, Rhoderich. J. 2002. Sejarah Musik 1. BPK Gunung Mulia: Jakarta.

Rachmawati, Yeni. 2005. Musik Pembentuk Budi Pekerti: Sebuah Panduan Untuk Pendidikan. PANDUAN: Kidul.

Sahid, Nur (ed). 2000. Interkulturalisme (dalam) Teater. Yayasan Untuk Indonesia: Yogyakarta.

Tapung, Marianus Mantovany & Gaguk, Beben. Rm. 2012. Pastoral Panggung: Bunga rampai Drama Teater. Parrheisa Institute: Jakarta.

Published

2022-12-31

How to Cite

Jama, K. B., Djokaho, M. P. E., & Panis, I. C. P. (2022). Pelatihan Drama Musikal bagi Guru Sekolah Minggu. Educate: Journal of Community Service in Education, 2(2), 88–97. https://doi.org/10.32585/educate.v2i2.3289

Issue

Section

Artikel