Pendampingan Pembelajaran Berbasis Cafe Sastra bagi Siswa Terdampak Bencana Siklon Tropis Seroja di RT 32 Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa Kota Kupang

Karolus Budiman Jama

Abstract


Pandemi covid-19 dan bencana badai siklon tropis “seroja” yang dialami oleh masyarakat NTT, berdampak pula pada pembelajaran. Harapan akan perubahan personal dari peserta didik menjadi terhambat. Hal ini dialami oleh masyarakat etnik Helong dan pengungsi eks Timor Timur yang bermukim di kelurahan Kolhua (RT 32), Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Sasaran utama dalam kegiatan PKM ini adalah siswa/i terdampak badai siklon tropis “Seroja” di RT 32 Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Kegiatan PKM ini merupakan sebuah bentuk nyata kepedulian program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terhadap dampak bencana yang dialami oleh masyarakat serta realisasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dirancang oleh program studi dalam rumpun mata kuliah Café Satra.


Keywords


Café sastra, literasi lisan, literasi tulis

Full Text:

PDF

References


Candraningrum, Dewi (editor). 2013. Ekofeminisme: Dalam Tafsir Agama, Pendidikan, Ekonomi, dan Budaya. Jalasutra: Yogyakarta.

Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian. CAPS: Yogyakarta.

Endraswara, Suwardi. 2013. Teori Kritik sastra: Prinsip, Falsafah, dan Penerapan. CAPS: Yogyakarta.

Harymawan, RMA. 1986. Dramaturgi. IKIP Sanata Dharma: Yogyakarta.

Jehane, Hendrikus. 2007. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDI Oebufu Kupang dengan Metode Membaca Suku Kata" Laporan Penelitain PTK.

Karmini, Ni Nyoman. 2011. Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Pustaka Larasan: Tabanan.

Salad, Hamdy. 2015. Panduan Wacana & Apresiasi Musikalisasi Puisi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Sudjana, Nana & Ahmad, Rivai. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo: Bandung

Zamarah, Syaiful Bahri & Zain Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


70%
1-2 Weeks2-8 Weeks8-16 Weeks
Acceptance RateSubmission to 1st DecisionPeer-review SpeedSubmission to Accepted

Educate: Journal of Community Service in Education

E-ISSN: 2828-5727
Publisher: Universitas Veteran Bangun Nusantara
Address: Jl. Letjend. S. Humardani No. 1 Sukoharjo, Central Java, Indonesia

Creative Commons License

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/educate

View My Stats