Pendampingan Pembelajaran Berbasis Cafe Sastra bagi Siswa Terdampak Bencana Siklon Tropis Seroja di RT 32 Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa Kota Kupang
Abstract
Pandemi covid-19 dan bencana badai siklon tropis “seroja” yang dialami oleh masyarakat NTT, berdampak pula pada pembelajaran. Harapan akan perubahan personal dari peserta didik menjadi terhambat. Hal ini dialami oleh masyarakat etnik Helong dan pengungsi eks Timor Timur yang bermukim di kelurahan Kolhua (RT 32), Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Sasaran utama dalam kegiatan PKM ini adalah siswa/i terdampak badai siklon tropis “Seroja” di RT 32 Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Kegiatan PKM ini merupakan sebuah bentuk nyata kepedulian program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terhadap dampak bencana yang dialami oleh masyarakat serta realisasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dirancang oleh program studi dalam rumpun mata kuliah Café Satra.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Candraningrum, Dewi (editor). 2013. Ekofeminisme: Dalam Tafsir Agama, Pendidikan, Ekonomi, dan Budaya. Jalasutra: Yogyakarta.
Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian. CAPS: Yogyakarta.
Endraswara, Suwardi. 2013. Teori Kritik sastra: Prinsip, Falsafah, dan Penerapan. CAPS: Yogyakarta.
Harymawan, RMA. 1986. Dramaturgi. IKIP Sanata Dharma: Yogyakarta.
Jehane, Hendrikus. 2007. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDI Oebufu Kupang dengan Metode Membaca Suku Kata" Laporan Penelitain PTK.
Karmini, Ni Nyoman. 2011. Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Pustaka Larasan: Tabanan.
Salad, Hamdy. 2015. Panduan Wacana & Apresiasi Musikalisasi Puisi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Sudjana, Nana & Ahmad, Rivai. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo: Bandung
Zamarah, Syaiful Bahri & Zain Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2609
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
70% | 1-2 Weeks | 2-8 Weeks | 8-16 Weeks |
Acceptance Rate | Submission to 1st Decision | Peer-review Speed | Submission to Accepted |
Educate: Journal of Community Service in Education
Publisher: Universitas Veteran Bangun Nusantara
Address: Jl. Letjend. S. Humardani No. 1 Sukoharjo, Central Java, Indonesia
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/educate
View My Stats