Pendampingan Pembelajaran Berbasis Cafe Sastra bagi Siswa Terdampak Bencana Siklon Tropis Seroja di RT 32 Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa Kota Kupang

Authors

  • Karolus Budiman Jama Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2609

Keywords:

Café sastra, literasi lisan, literasi tulis

Abstract

Pandemi covid-19 dan bencana badai siklon tropis “seroja” yang dialami oleh masyarakat NTT, berdampak pula pada pembelajaran. Harapan akan perubahan personal dari peserta didik menjadi terhambat. Hal ini dialami oleh masyarakat etnik Helong dan pengungsi eks Timor Timur yang bermukim di kelurahan Kolhua (RT 32), Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Sasaran utama dalam kegiatan PKM ini adalah siswa/i terdampak badai siklon tropis “Seroja” di RT 32 Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Kegiatan PKM ini merupakan sebuah bentuk nyata kepedulian program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terhadap dampak bencana yang dialami oleh masyarakat serta realisasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dirancang oleh program studi dalam rumpun mata kuliah Café Satra.

References

Candraningrum, Dewi (editor). 2013. Ekofeminisme: Dalam Tafsir Agama, Pendidikan, Ekonomi, dan Budaya. Jalasutra: Yogyakarta.

Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian. CAPS: Yogyakarta.

Endraswara, Suwardi. 2013. Teori Kritik sastra: Prinsip, Falsafah, dan Penerapan. CAPS: Yogyakarta.

Harymawan, RMA. 1986. Dramaturgi. IKIP Sanata Dharma: Yogyakarta.

Jehane, Hendrikus. 2007. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDI Oebufu Kupang dengan Metode Membaca Suku Kata" Laporan Penelitain PTK.

Karmini, Ni Nyoman. 2011. Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Pustaka Larasan: Tabanan.

Salad, Hamdy. 2015. Panduan Wacana & Apresiasi Musikalisasi Puisi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Sudjana, Nana & Ahmad, Rivai. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo: Bandung

Zamarah, Syaiful Bahri & Zain Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Jama, K. B. (2022). Pendampingan Pembelajaran Berbasis Cafe Sastra bagi Siswa Terdampak Bencana Siklon Tropis Seroja di RT 32 Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa Kota Kupang. Educate: Journal of Community Service in Education, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2609

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)