Pendampingan Pembelajaran Berbasis Cafe Sastra bagi Siswa Terdampak Bencana Siklon Tropis Seroja di RT 32 Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa Kota Kupang
DOI:
https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2609Keywords:
Café sastra, literasi lisan, literasi tulisAbstract
Pandemi covid-19 dan bencana badai siklon tropis “seroja” yang dialami oleh masyarakat NTT, berdampak pula pada pembelajaran. Harapan akan perubahan personal dari peserta didik menjadi terhambat. Hal ini dialami oleh masyarakat etnik Helong dan pengungsi eks Timor Timur yang bermukim di kelurahan Kolhua (RT 32), Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Sasaran utama dalam kegiatan PKM ini adalah siswa/i terdampak badai siklon tropis “Seroja” di RT 32 Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Kegiatan PKM ini merupakan sebuah bentuk nyata kepedulian program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terhadap dampak bencana yang dialami oleh masyarakat serta realisasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dirancang oleh program studi dalam rumpun mata kuliah Café Satra.
Downloads
References
Candraningrum, Dewi (editor). 2013. Ekofeminisme: Dalam Tafsir Agama, Pendidikan, Ekonomi, dan Budaya. Jalasutra: Yogyakarta.
Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian. CAPS: Yogyakarta.
Endraswara, Suwardi. 2013. Teori Kritik sastra: Prinsip, Falsafah, dan Penerapan. CAPS: Yogyakarta.
Harymawan, RMA. 1986. Dramaturgi. IKIP Sanata Dharma: Yogyakarta.
Jehane, Hendrikus. 2007. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDI Oebufu Kupang dengan Metode Membaca Suku Kata" Laporan Penelitain PTK.
Karmini, Ni Nyoman. 2011. Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Pustaka Larasan: Tabanan.
Salad, Hamdy. 2015. Panduan Wacana & Apresiasi Musikalisasi Puisi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Sudjana, Nana & Ahmad, Rivai. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo: Bandung
Zamarah, Syaiful Bahri & Zain Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.