Pelatihan Drama Musikal bagi Guru Sekolah Minggu
DOI:
https://doi.org/10.32585/educate.v2i2.3289Keywords:
pelatihan, drama, musicalAbstract
Mencerdaskan generasi penerus bangsa bukan hanya urusan pemerintah, akan tetapi urusan semua pihak termasuk gereja. Demikian juga dengan pengembangan seni untuk pertumbuhan karakter. Gereja memiliki akses yang cukup untuk memanfaatkan seni sebagai media dalam menumbuhkan karakter positif bagi anak-anak. Salah satu bidang seni yang dapat menumbuhkan karakter positif adalah drama musikal. Pelatihan drama musikal bagi guru-guru sekolah minggu di gereja Marturia Oetete Kabupaten Kupang adalah salah satu cara dalam menjawab kebutuhan dan persoalan mitra berkaitan dengan aktivitas sekolah minggu yang dilakukan secara klasikal. Pelatihan drama musical ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu, (1) membuat kerangka cerpen, (2) memperbaiki naskah cerpen, (3) mengonversi naskah cerpen menjadi naskah drama, (4) menggarap lagu dan mengaransemen musik, (5) melakuka latihan dan perekaman, dan (6) pementasan. Setiap bagian ini dilakukan evaluasi dan perbaikan sehingga memeroleh bentuk final untuk dijadikan model pelatihan drama musical. Dengan demikian model ini dapat dijadikan pendekatan dalam mengajar sekolah minggu bagi anak-anak sekolah minggu.
Downloads
References
Awuy, Tommy. F. 1999. Teater Indonesia: Konsep, Sejarah, Problema. Dewan Kesenian Jakarta: Jakarta.
Djohan. 2006. Terapi Musik: Teori dan Aplikasi. Galangpress: Yogyakarta.
Djohan. 2010. Respons Emosi Musikal. Lubux Agung: Bandung.
Harymawan, RMA. 1986. Dramaturgi. Sanata Dharma: Yogyakarta.
Hamzah, A, Adjib.1985. Pengantar Bermain Drama. CV Rosda: Bandung
Iskandar, Eddy. D. 1999. Panduan Praktis Menulis Skenario. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Unesa University Press.
Lerik, Mariana. Dinah. Ch. 2006. Pengaruh Terapi Musik Terhadap Depresi. Lembaga Penelitian Universitas Nusa Cendana: Kupang.
Mack, Dieter. 2004. Musik Kontemporer & Persoalan Interkuktural. ARTI
McNeill, Rhoderich. J. 2002. Sejarah Musik 1. BPK Gunung Mulia: Jakarta.
Rachmawati, Yeni. 2005. Musik Pembentuk Budi Pekerti: Sebuah Panduan Untuk Pendidikan. PANDUAN: Kidul.
Sahid, Nur (ed). 2000. Interkulturalisme (dalam) Teater. Yayasan Untuk Indonesia: Yogyakarta.
Tapung, Marianus Mantovany & Gaguk, Beben. Rm. 2012. Pastoral Panggung: Bunga rampai Drama Teater. Parrheisa Institute: Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.