Penggunaan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMK Negeri 5 Medan

Authors

  • Rani Rahim Universitas Dharmawangsa
  • Suhariyanti Suhariyanti Universitas Dharmawangsa
  • Rini Ramadhani Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Nur Rahmi Rizqi Universitas Al Washliyah
  • Israq Maharani Universitas Al Washliyah
  • Fatmah Syarah Universitas Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.32585/educate.v3i1.3857

Keywords:

Aplikasi Geogebra, Pembelajaran Matematika

Abstract

Aplikasi Geogebra merupakan suatu aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran Matematika. Aplikasi ini memudahkan siswa dalam materi geometri, sistem persamaan linier, persamaan garis, persamaan fungsi kuadrat dan lain-lain. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempratekkan secara langsung aplikasi Geogebra kepada siswa pada materi sistem persamaan linier. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Medan. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa kelas X TKRO 3 yang terdiri dari 35 orang siswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2022. Kegiatan dalam pengabdian ini adalah penggunaan aplikasi Geogebra dalam pembelajaran Matematika sehingga motivasi belajar siswa meningkat. Hasil dari kegiatan ini diperoleh respon siswa sangat baik dan siswa lebih senang dan tertarik belajar Matematika di kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Geogebra dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran Matematika. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arbain, N., & Shukor, N. A. (2015). The effects of GeoGebra on students achievement. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 172, 208–214.

Asyura, I., & Dewi, R. (2020). Analisis Kemampuan Matematis Mahasiswa PGSD Terhadap Penggunaan Geogebra Classroom di Era dan Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 976–989.

Cesaria, A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Elemen, 7(2), 267–279.

Hanipa, A. (2019). Analisis minat belajar siswa MTs kelas VIII dalam pembelajaran Matematika melalui aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315–322.

Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra.

Kusumah, Y. S. (2003). Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasiskan Teknologi Komputer. Makalah Terdapat Pada Seminar Proceeding National Seminar on Science and Math Education. Seminar Diselenggarakan Oleh FMIPA UPI Bandung Bekerja Sama Dengan JICA.

Majerek, D. (2014). Application of Geogebra for teaching mathematics. Advances in Science and Technology Research Journal, 8(24), 51–54.

Nirfayanti, N., & Setyawan, D. (2018). Efektifitas Pembelajaran Program Linear Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2).

Noornia, A., Wijaksana, A. H., & Hadi, I. (2015). Mengembangkan Kemampuan Guru Matematika Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Bantuan Software Geogebra Di Wilayah Tangerang Selatan. Sarwahita, 12(2), 102–108.

Wahid, R. (2021). Pengenalan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Geometri Dan Aljabar Di Mts N 5 Jember. Tsaqila Jurnal Pendidikan Dan Teknologi [TJPT], 1, 35–40. https://doi.org/10.30596/tjpt.v1i2.63

Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. (2020). Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 163–171.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Rahim, R., Suhariyanti, S., Ramadhani, R., Rizqi, N. R., Maharani, I., & Syarah, F. (2023). Penggunaan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMK Negeri 5 Medan. Educate: Journal of Community Service in Education, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.32585/educate.v3i1.3857

Issue

Section

Artikel