Penggunaan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMK Negeri 5 Medan
DOI:
https://doi.org/10.32585/educate.v3i1.3857Kata Kunci:
Aplikasi Geogebra, Pembelajaran MatematikaAbstrak
Aplikasi Geogebra merupakan suatu aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran Matematika. Aplikasi ini memudahkan siswa dalam materi geometri, sistem persamaan linier, persamaan garis, persamaan fungsi kuadrat dan lain-lain. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempratekkan secara langsung aplikasi Geogebra kepada siswa pada materi sistem persamaan linier. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Medan. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa kelas X TKRO 3 yang terdiri dari 35 orang siswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2022. Kegiatan dalam pengabdian ini adalah penggunaan aplikasi Geogebra dalam pembelajaran Matematika sehingga motivasi belajar siswa meningkat. Hasil dari kegiatan ini diperoleh respon siswa sangat baik dan siswa lebih senang dan tertarik belajar Matematika di kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Geogebra dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran Matematika.
Unduhan
Referensi
Arbain, N., & Shukor, N. A. (2015). The effects of GeoGebra on students achievement. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 172, 208–214.
Asyura, I., & Dewi, R. (2020). Analisis Kemampuan Matematis Mahasiswa PGSD Terhadap Penggunaan Geogebra Classroom di Era dan Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 976–989.
Cesaria, A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Elemen, 7(2), 267–279.
Hanipa, A. (2019). Analisis minat belajar siswa MTs kelas VIII dalam pembelajaran Matematika melalui aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315–322.
Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra.
Kusumah, Y. S. (2003). Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasiskan Teknologi Komputer. Makalah Terdapat Pada Seminar Proceeding National Seminar on Science and Math Education. Seminar Diselenggarakan Oleh FMIPA UPI Bandung Bekerja Sama Dengan JICA.
Majerek, D. (2014). Application of Geogebra for teaching mathematics. Advances in Science and Technology Research Journal, 8(24), 51–54.
Nirfayanti, N., & Setyawan, D. (2018). Efektifitas Pembelajaran Program Linear Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2).
Noornia, A., Wijaksana, A. H., & Hadi, I. (2015). Mengembangkan Kemampuan Guru Matematika Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Bantuan Software Geogebra Di Wilayah Tangerang Selatan. Sarwahita, 12(2), 102–108.
Wahid, R. (2021). Pengenalan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Geometri Dan Aljabar Di Mts N 5 Jember. Tsaqila Jurnal Pendidikan Dan Teknologi [TJPT], 1, 35–40. https://doi.org/10.30596/tjpt.v1i2.63
Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. (2020). Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 163–171.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.