Pengembangan Media Edukasi Yang Inovatif, Kreatif, dan Interaktif Memanfaatkan Barang Bekas
Abstrak
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini berfokus pada pendampingan bagi khalayak sasaran untuk menemukan solusi bagi permasalahan pendidikan khususnya di lingkungan sekolah. Pengamatan di lapangan menunjukkan masih kurangnya penggunaan media instruksional oleh para guru. Untuk itu, dipandang perlu untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif. Berdasarkan hasil analisi kebutuhan di sekolah, tim PkM beserta para guru kemudian menciptakan 5 macam media pembelajaran, yakni (1) ular tangga raksasa, (2) calculation ruler (penggaris hitung), (3) vocabulary puzzle, (4) brainy game (lompat kaki tangan), dan (5) media penggenalan angka dan huruf menggunakan tutup botol. Media-media ini bukan hanya bersifat inovatif, kreatif, dan interaktif, namun juga memanfaatkan bahan dan barang bekas yang ada di sekitar lingkungan. Ujicoba pengimplementasian media-media tersebut menunjukkan hasil yang sangat positif baik bagi guru maupun pembelajar. Salah satu catatan penting adalah perlunya mensosialisasikan penggunaan media dan metode pembelajaran yang baru ini kepada orang dan masyarakat desa. Selain untuk memberi pemahaman kepada orangtua tentang model pembelajaran yang non-konvesionl, juga untuk mengajak masyarakat mendukung pengembangan media-media pembelajaran dengan cara menyumbangkan bahna-bahan dan barang mereka ke pihak sekolah. Kegiatan PkM ini mengandung signifikansi yang tinggi karena bukan hanya menyasar aspek pendidikan (peningkatan kualitas pengajaran) namun juga aspek lingkungan (menawarkan solusi daur ulang sampah/barang bekas).
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Deddy Amrand, Syahbuddin, Eva Herik, Siam, Yulius Tandi Sapan, Linda Fajriah, Hamdiansyah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.