Pembelajaran Berbasis Riset sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa terhadap Materi Perubahan Fisika Kimia

Authors

  • Erna Widyasari SMP Al Azhar Syifa Budi Solo

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i1.313

Abstract

Pada revolusi industri 4.0, inovasi merupakan target utama. Prinsip pembelajaran berubah menjadi learning by doing atau experiential learning. Dalam melakukan inovasi pendidikan, kita bisa mempertimbangkan pembelajaran berbasis riset. Inovasi yang dilakukan diharapkan dapat menjadi pembelajaran yang bermanfaat. Pembelajaran berbasis riset akan melatih daya nalar, daya mencipta, dan berpikir kritis siswa sehingga melahirkan generasi yang berbudaya ilmiah dan pemberi solusi atas masalah yang ada pada lingkungan sekitar. Materi perubahan fisika kimia umumnya hanya diberikan oleh guru melalui metode pencarian literatur maupun pemberian contoh-contoh perubahan yang terjadi dalam bentuk gambar atau benda yang konkret. Dengan metode pembelajaran berbasis riset, siswa akan lebih tertarik dan aktif dalam belajar, terlebih jika riset tersebut dapat menanggulangi permasalahan yang ada di sekitar mereka. Pembuatan cokelat dilakukan sebagai contoh dari perubahan fisika yang dapat kembali ke bentuk semula. Pembuatan bioplastik sebagai contoh dari perubahan kimia yang menghasilkan zat yang jenisnya baru dan tidak dapat kembali ke bentuk semula. Dari pembelajaran riset yang telah dilakukan oleh siswa, dilakukan evaluasi efektivitas pembelajaran melalui pengisian lembar evaluasi. Hasil evaluasi yang dilakukan pada 26 siswa menunjukkan 25 siswa memahami materi perubahan fisika kimia dengan baik dan 1 siswa belum memahami materi.

References

Aprilia, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Experiental Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Premiere Educandum, Volume 5, Nomor 1, Juni 2015, 20-33.

Istigfaroh, Z. (2014). Pelaksanaan Model Pembelajaran Experiental Learning di Pendidikan Dasar Sekolah Alam Anak Prima Yogyakarta. Artikel Jurnal.

Nurhasanah, S., Malik. A., Mulhayatiah, D. (2017). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol. 2 No. 2: 58-62.

Triyono, M.B. (2017, Oktober). Tantangan Revolusi Industri ke 4 (i4.0) Bagi Pendidikan Vokasi. In Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi. ISSN Cetak: 2541-2361.

Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Pidato Sidang Senat Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makasar.

Published

2019-08-14

How to Cite

Widyasari, E. (2019). Pembelajaran Berbasis Riset sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa terhadap Materi Perubahan Fisika Kimia. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(1), 10–25. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i1.313

Issue

Section

Artikel