Keefektifan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menulis Puisi
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i1.316Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan media audiovisual dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar menulis puisi. Variabel penelitian ini adalah keefektifan media audiovisual dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar menulis puisi. Desain atau model penelitian adalah desain penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini, yaitu keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar yang berjumlah 270 orang yang terbagi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian sebanyak 30 dari jumlah populasi. Penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik yang digunakan mengumpulkan data adalah teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik analisis uji t desain 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media audiovisual efektif diterapkan dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar menulis puisi. Hal ini tampak pada nilai yang diperoleh siswa sebelum menggunakan menggunakan media audiovisual yang masih kurang dan dapat meningkat setelah menggunakan media audiovisual. Keefektifan media ini diketahui pula berdasarkan hasil perhitungan uji t. Perbandingan hasil kompetensi menulis puisi pada pretes dan postes menunjukkan bahwa nilai t hitung sebanyak 7,20> nilai t tabel 1,70. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima, yaitu media audiovisual efektif diterapkan dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar menulis puisi.
Downloads
References
Ackhadiat, S, dkk., 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar, A. 2002. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Depdiknas. 2006. KTSP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Depoter, B. & Hernacki, M., 2001. Quantum learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Abudurrahman Bandung: Kaifa.
Effendi, S., 1996. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende: Nusa Indah.
Firman. 2003. “Keterampilan Siswa Kelas II SLTPN 1 Sajoanging Kabupaten Wajo Menulis Pengalaman Pribadi dalam Bentuk Puisi.” Skripsi. Makasar: FBS UNM.
Hartoko, A., 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Surabaya: Usaha Nasional.
Latuheru, J.D., 1993. Media Pembelajaran dalam Pengajaran bahasa Indonesia. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.
Mirriam, C. 2006. Daripada Bete Nulis Aja. Bandung: KAIFA.
Nurgiyantoro, B. 2008. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE.
Pradopo, Rahmat Djoko. 1999. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Sardiman, A. 2007. Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Semi, Atar. 1994. Kritik Sastra. Bandung: Angkasa.
Suhartini. 2005. “Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas III Bahasa SMA Negeri 1 Bajeng/” Skripsi. Makassar: FBS UNM.
Sumardjo, J., 2001. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syafi’i. 1998. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, H. G. 1990. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Waluyo, H. J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Zulkarnaen, Y. 1984. Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instructional Media and Model agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.