Keefektifan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menulis Puisi

Authors

  • Nurfaedah Nurfaedah

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i1.316

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan media audiovisual dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar menulis puisi. Variabel penelitian ini adalah keefektifan media audiovisual dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar menulis puisi. Desain atau model penelitian adalah desain penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini, yaitu keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar yang berjumlah 270 orang yang terbagi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian sebanyak 30 dari jumlah populasi. Penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik yang digunakan mengumpulkan data adalah teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik analisis uji t desain 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media audiovisual efektif diterapkan dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar menulis puisi. Hal ini tampak pada nilai yang diperoleh siswa sebelum menggunakan menggunakan media audiovisual yang masih kurang dan dapat meningkat setelah menggunakan media audiovisual. Keefektifan media ini diketahui pula berdasarkan hasil perhitungan uji t. Perbandingan hasil kompetensi menulis puisi pada pretes dan postes menunjukkan bahwa nilai t hitung sebanyak 7,20> nilai t tabel 1,70. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima, yaitu  media audiovisual efektif diterapkan dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar menulis puisi.

References

Ackhadiat, S, dkk., 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar, A. 2002. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Depdiknas. 2006. KTSP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Depoter, B. & Hernacki, M., 2001. Quantum learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Abudurrahman Bandung: Kaifa.

Effendi, S., 1996. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende: Nusa Indah.

Firman. 2003. “Keterampilan Siswa Kelas II SLTPN 1 Sajoanging Kabupaten Wajo Menulis Pengalaman Pribadi dalam Bentuk Puisi.” Skripsi. Makasar: FBS UNM.

Hartoko, A., 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Surabaya: Usaha Nasional.

Latuheru, J.D., 1993. Media Pembelajaran dalam Pengajaran bahasa Indonesia. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.

Mirriam, C. 2006. Daripada Bete Nulis Aja. Bandung: KAIFA.

Nurgiyantoro, B. 2008. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE.

Pradopo, Rahmat Djoko. 1999. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sardiman, A. 2007. Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semi, Atar. 1994. Kritik Sastra. Bandung: Angkasa.

Suhartini. 2005. “Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas III Bahasa SMA Negeri 1 Bajeng/” Skripsi. Makassar: FBS UNM.

Sumardjo, J., 2001. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syafi’i. 1998. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, H. G. 1990. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, H. J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Zulkarnaen, Y. 1984. Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Published

2019-08-14

How to Cite

Nurfaedah, N. (2019). Keefektifan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menulis Puisi. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(1), 36–44. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i1.316

Issue

Section

Artikel