Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Perpindahan Merek Teh Botol Sosro Di Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, besarnya peluang, dan faktor dominan dari variasi produk, informasi nilai gizi, harga, dan iklan produk terhadap keputusan perpindahan merek Teh Botol Sosro di Surakarta. Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Kota Surakarta dengan beberapa pertimbangan. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variasi produk dan iklan produk berpengaruh signifikan dan negatif, dan informasi nilai gizi dan harga produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan perpindahan merek Teh Botol Sosro di Surakarta. Variasi produk memiliki peluang sebesar 0,370. Informasi nilai gizi memiliki peluang sebesar 9,972. Harga produk memiliki peluang sebesar 23,899. Iklan produk memiliki peluang sebesar 0,411. Faktor yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah harga produk dari Teh Botol Sosro dengan tingkat signifikansi 5%
Downloads
References
Aprilianto, A., et al. 2015. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Perpindahan Merek Produk Motor Yamaha Mio M3 125. Artikel Ilmiah Mahasiswa 1(1): 1-7.
Arundina, D. O., U. Sriwododo, E. Wibowo. 2016. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kebutuhan Mencari Variasi dan Iklan Produk Pesaing terhadap Keputusan Perpindahan Merek pada Konsumen Pembalut Wanita Charm. J Ekonomi dan Kewirausahaan 16(1): 132-142.
BPS. 2019. Statistik Teh Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.
Dubey, K. K., et al. 2020. Trends in Non-Alcoholic Beverages. India: Academic Press.
Firmansyah, A. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Pasuruan: Penerbit Qiara Media.
Gofur, A. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. J Riset Manajemen dan Bisnis 4(1): 37-44.
Huda, N., Nurchayati. 2018. Pengaruh Atribut Produk, Iklan, Harga, dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Keputusan Perpindahan Merek ke Yamaha NMAX di Semarang Selatan. J Ilmiah UNTAG Semarang 7(1): 118-139.
Khoiruman, M. 2016. Analisa Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Brand Switching Produk Aqua Galon di Surakarta. Advance 3(1): 1-12.
Kountur, R. 2008. Mudah Memahami Manajemen Resiko Perusahaan. Jakarta: PPM.
Nagarajan, S., A. Jafersadhiq. 2019. A Research on Brand Switching Factors of Millennial Customers on Toiletries. International Journal of Innovative Technology Technology and Exploring Engineering 8(12): 490-494.
Nagarajan, S., A. Jafersadhiq. 2019. A Research on Brand Switching Factors of Millennial Customers on Toiletries. International Journal of Innovative Technology Technology and Exploring Engineering 8(12): 490-494.
Nortey, E. N. N., et al. 2013. A Logistic Regression Analysis for Determinging the Factors that Affect Subscribers’ Brand Switching of Telecom Industry in Ghana. Research Journal in Engineering and Applied Sciences 2(5): 359-364.
Pinontoan, Y. M. C. 2019. Pengaruh Varisi Produk, Ketidakpuasan Konsumen dan Iklan Produk terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Sabun Pembersih Wajah pada Supermarket Cool Tomohon. J EMBA 7(4): 5753-5726.
Rafidah, F., S. Adi, N. H. Ulfah. 2019. Faktor Predisposing, Enabling dan Reinforcing dengan Keputusan Pembelian Premi BPJS Kesehatan. J Preventia 4(1): 1-13.
Romadloniyah, A., K. Setiaji. 2020. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Konformitas, dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif dalam Prespektif Gender. Economic Education Analysis Journal 9(1): 50-64.
Septiningsih, W. T., N. Rachma, M. Hufron. 2019. Pengaruh Citra Merek, Kuallitas Produk, Iklan, Variety Seeking, dan Harga terhadap Perpindahan Merek ke Kosmetik Wardah. J Ilmiah Riset Manajemen 8(3): 109-121.
Sugiyarto, A. P. Romadhina. 2020. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro. Banten: Yayasan Pendidikan dan Sosial.
Sumanto. 2020. Teori dan Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Top Brand Award. 2021. Retrieved from https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Agribusiness, Social and Economic agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.